Sunday, July 13th, 2014
Terbaru
Home » Umum » KEUTAMAAN DAN KEBERKAHAN BASMALAH

KEUTAMAAN DAN KEBERKAHAN BASMALAH

bismillahFlexmedia - Basmalah adalah kelengkapan dari BISMILLAHIR ROHMAANIR RAHIM …

artinya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

Mengenai keutamaan Basmalah telah disebutkan dalam hadist bahwa Rosulullah s.a.w pernah bersabda:

“Tiap amal perbuatan yang dianggap baik tetapi tidak dibacakan “BISMILLAHIR ROHMAANIR ROHIIM” ketika akan memulainya, maka perbuatan itu menjadi puntung, alias terputus dari rahmat Allah”

Dalam satu riwayat yang bersumber dari Jabier bin Abdullah r.a menjelaskan bahwa tatkala “BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM” turun,Allah SWT telah bersumpah dengan Kemuliaan dan Kebesaran-Nya, bahwa tidaklah ia dibaca atas sesuatu melainkan Dia akan memberkahinya”

Dalam riwayat lain yang bersumber dari Ibnu Mas’ud r.a menjelaskan,bahwa barangsiapa yang ingin diselamatkan dari Malaikat Zabaniyah yang berjumlah sembilan belas, maka hendaknya ia membaca “BISMILLAHIR ROHMAANIR ROHIM”, niscaya Allah akan menjadikan setiap huruf baginya sebagai perisai dari salah satu diantara Malaikat Zabaniyah itu.

Juga disebutkan dalam suatu riwayat bahwa tatkala Allah SWT menurunkan wahyu Basmalah kepada Nabi Adam a.s beliau bertanya “Ya Jibril, nama apakah ini yang telah dipakai Allah pembuka wahyu??”. Maka Jibril menjawab “Hai Adam,inilah satu-satunya nama, yang dengannya langit dan bumi, air mengalir, gunung terpancang dan hati manusia bisa menjadi kuat”.

Al-Hafiedl Abi Nu’aim berkata ; “Semua Ulama’ telah sepakat tentang pembukaan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Nabi-Nya itu dimulai dengan Basmalah”

Disamping itu keutamaan Basmalah ini telah banyak disebutkan dalam beberapa hikayat diantaranya sebagai berikut;

Tersebutlah dalam suatu hikayat bahwa syetan gemuk berjumpa syetan kurus, lalu syetan gemuk itu bertanya pada syetan kurus :

“Apa yang menyebabkanmu kurus begini?”.

Syetan kurus menjawab ; “Betapa aku tidak kurus karena aku telah ditugaskan menggoda orang yang bila ia masuk kerumahnya ia mengucapkan Basmalah. Pokoknya dari segala perilakunya ia selalu mengucapkan Basmalah, maka inilah akibatnya aku kurus”

Kalau syetan gemuk berkata “Kalau aku ditugaskan menggoda orang yang tidak mengenal apa itu Basmalah, karena itu aku leluasa menemaninya dalam makan dan minumnya,berpakaian dan dalam menggauli istrinya,sehingga aku turut menungganginya seperti menunggangi binatang tunggangan”

Dalam hal ini Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist bahwa Rosulullah s.a.w bersabda ;

“Sesungguhnya telah dihalalkan bagi syetan makanan yang tidak disebut nama Allah”

Juga diriwayatkan dalam hikayat yang lain,bahwa di jaman dahulu ada seorang wanita sholehah yang bersuamikan seorang laki-laki munafik.

Wanita tadi setiap akan memulai pekerjaannya selalu mengucapkan Basmalah, yang mana hal ini sangat menjengkelkan hati suaminya, pantas dia itu khan orang munafik. Karena sangat jengkel, akhirnya timbul niat jahatnya seraya berkata dalam hati ; “Aku akan mencari jalan buat membikin malu padanya, agar menjadi luntur kesholehannya”.

Maka pada suatu hari istrinya dipanggil seraya berkata ; “Coba simpan guci ini ditempat yang aman”

Tetapi tanpa setahu istrinya guci itu diambil oleh suaminya dan dibuang kedalam sumur. Dan selang beberapa hari lamanya istrinya dipanggil untuk mengembalikan guci itu dari tempat disimpannya dahulu.Tanpa ragu dan berprasangka buruk, istrinya pergi ketempat dimana ia menyimpan guci seraya mengucapkan Basmalah, pada waktu itu Allah mengutus Malaikat Jibril untuk dengan secepatnya mengembalikan guci itu ke tempat semula, lalu guci itu diambilnya dan diberikan pada suaminya, sang suami menjadi keheranan, karenanya akhirnya ia sadar dan bertaubat untuk menyesali perbuatannya selama ini,dan Allahpun menerima taubatnya dengan berkat Basmalah yang sering kali dibaca oleh istrinya itu.

~ o ~

Semoga bermanfaat dan Dapat Diambil Hikmah-Nya ….

Post Terkait :

About Anisatul Khikmah

close
Facebook Iconfacebook like buttonTwitter Icontwitter follow button