Thursday, April 24th, 2014
Terbaru
Home » komputer » Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya
Flexmedia – Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting | yah, ini adalah masalah yang sering ditemui oleh para pemilik komputer atau pun laptop. Tetapi pada laptop jarang sekali, karena komponennya didalam. Penyebab komputer tidak bisa booting ada beberapa faktor, diantaranya masalah pada kartu memori, vga, harddisk, prosesornya maupun sistem operasinya. Berikut Beberapa masalah yang sering terjadi:

  1.  Jika bagian CPU anda hidup,, tetapi tidak menampilkan gambar maka kerusakan berada pada bagian RAM atau VGA Card. Jika kerusakan terdapat pada RAM maka akan terdengar beep terus menerus. Tetapi itu kalau komputernya mempunyai speaker. Solusinya:
    • Lepas kartu memori, lalu bersihkan pin-nya dengan karet penghapus. Lalu masukkan kembali ke slot memori yang satunya dengan catatan slotnya sudah dibersihkan.
    • Jika menggunakan dua RAM maka coba satu persatu, agar menjaga kalau salah satunya ada yang rusak.
    • Jika memang tidak bisa berarti RAM nya sudah rusak, atau slot memori nya tidak kuat dengan Kualitas RAM nya. Atau bisa juga ada yang salah dengan komponen lainnya misalnya VGA Card.
      Jika yang bermasalah VGA card,, lepas dan bersihkan pinnya lalu pasang kembali.
  2. Jika komputernya hidup tetapi tidak bisa masuk ke sistem operasi dan ada tulisan “Disk Boot Failure” maka komponen yang bermasalah adalah harddisk nya. Solusinya:
    • Cek kabel yang menghubungkan harddisk dengan motherboard entah itu SATA ataupun IDE. Pastikan terpasang dengan baik, atau jauh lebih baik jika dilepas dulu kemudian dipasang kembali.
    • kemudian masuk ke BIOS, lihat apakah harddisk terdeteksi apa tidak. Jika tidak terdeteksi maka harddisk anda kemungkinan besar sudah rusak.
    • Jika komputer anda menggunakan dua harddisk maka cek jumper nya. Apakah sudah benar Master dan Slave nya apa tidak.
  3. Jika komputer sering hang dan restart sendiri dan setelah itu komputer tidak bisa booting maka penyebabnya ada pada prosesor yang terlalu panas. Mungkin karena kerja fan yang menurun. Atau ada penyebab lanya. Silusinya:
    • Cek heatsink dan fan pada komputer apakah berputar dengan normal atau menjad bat. dan juga pastikan thermal pasta pada prosesor tidak kering, jika thermal pasta sudah kering, berikan lagi agar prosesor bisa bekerja dengan optimal.
    • Lihat dan cek suhu pada prosesor pada menu BIOS.
  4. Jika komputer bisa hidup, ada tampilan gambar pada monitor dan ada tulisan “ntldr.dll is missing”, “cannot load operating system”, dan lainnya maka penyebabnya adalah ada kerusakan pada sistem operasi. Solusinya:
    • Lakukan repair sistem operasi menggunakan CD Master Windows.

Post Terkait :

About Azis Hermawan

close
Facebook Iconfacebook like buttonTwitter Icontwitter follow button