Saturday, August 2nd, 2014
Terbaru
Home » Umum » Tips Agar Anak Mudah Minum Obat

Tips Agar Anak Mudah Minum Obat

Tips Agar Anak Mudah Minum Obat

Flexmedia – Saat sang buah hati sakit, tentu sangat tidak menyenangkan. Baik buat sang buah hati, terlebih bagi orangtua. Panik, bukan hal yang jarang terjadi pada orangtua saat anaknya sakit.

Meski sudah dibawa ke dokter, kadang timbul masalah baru. Sang anak, bisa saja menolak untuk minum obat. Orangtua sering tidak bisa bersikap sabar, dan terkadang (atau bahkan sering?) memaksa anak minum obat dengan mencekokinya.

Tindakan memaksakan anak minum obat, meski bertujuan baik, terkadang tidaklah bijaksana. Anak bisa saja takut karenanya, bisa-bisa sang anak tidak akan pernah mau lagi minum obat.

Berikut ini adalah sedikit tips yang dapat Anda coba saat si buah hati harus minum obat:

  • Jangan pernah berbohong, sekalipun. Orangtua seringkali mengatakan bahwa rasa obatnya manis. Katakanlah dengan bijak pada si buah hati, bahwa meskipun obatnya pahit, tapi akan membantu penyembuhan sakitnya.
  • Jangan pernah mencekoki atau menutup hidung bayi atau anak Anda saat memberikan obat. Pemberian obat secara paksa dapat membuat obat masuk ke paru-paru (asfiksia) dan hal ini sangat berbahaya. Pada anak yang belum pandai menelan atau sekitar empat bulan ke bawah, lakukan dengan mekanisme isap, agar anak tidak tersedak.
  • Akan lebih baik, memasukkan obat dari samping, yakni dari kantung pipi bagian dalam sebelah kanan ataupun kiri. Lakukan di bawah lidah, jika obat yang ditelan jumlahnya relatif sedikit.
  • Berikanlah obat sedikit demi sedikit, kemudian selingi dengan minum air putih.
  • Jika kesulitan menggunakan sendok teh, manfaatkan sendok obat yang ukurannya lebih kecil tetapi berbentuk cekung. (Mintalah pada apotik saat membeli obat). Jika masih sulit, cobalah dengan menggunakan pipet plastik.
  • Posisikan anak vertikal untuk memudahkan Anda memasukkan obat dan agar bayi juga tidak tersedak.
  • Dan yang terpenting, bangunlah suasana yang menyenangkan sebelum memberikan obat. Ajaklah anak bermain, bernyany atau sekadar bercakap-cakap sebelumnya agar anak Anda merasa tidak dipaksa.

Post Terkait :

About Azis Hermawan

close
Facebook Iconfacebook like buttonTwitter Icontwitter follow button