13 Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menjanjikan Dar Modal Kecil Hingga Besar

Peluang Usaha Rumahan di Desa

Banyak orang berpikir bahwa lebih mudah menghasilkan uang di kota daripada di pedesaan. Banyak orang berpikir bahwa lebih mudah menghasilkan uang di kota daripada di pedesaan, seolah kehidupan di Kota memberikan harapan bahwasanya siapa pun yang pergi ke sana akan menemukan pekerjaan bergaji tinggi.

Aroma kesuksesan menyebabkan banyak orang merantau dari desa ke kota. Tapi tahukah Anda bahwa Anda sebenarnya bisa sukses di desa Anda sendiri? Triknya tentu saja untuk memulai bisnis, baik itu bisnis kecil atau modal besar.

Bagi yang ingin bekerja di perusahaan besar, kota besar tentunya menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin menjadi pengusaha, situasinya berbeda. Jika tujuan Anda adalah menjadi pengusaha, Anda juga bisa.

Di kampung halaman Anda tanpa harus pindah ke kota. Kemajuan teknologi, khususnya internet yang kini merambah ke desa-desa pinggiran, juga memudahkan setiap orang untuk memulai bisnis.

 

Banyak orang berpikir bahwa lebih mudah menghasilkan uang di kota daripada di negara. Kota-kota besar menjanjikan bahwa siapa pun yang pergi ke sana dapat menemukan pekerjaan yang baik. Aroma kesuksesan inilah yang menyebabkan banyak orang pindah dari desa ke kota. Tapi tahukah Anda jika Anda benar-benar berada di kota Anda? Bisakah Anda menuai kesuksesan? Tentu saja, triknya adalah memulai bisnis, apakah itu perusahaan kecil atau perusahaan besar.

 

Bagi yang ingin bekerja di perusahaan besar, kota besar tentunya menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin menjadi pengusaha, situasinya berbeda. Jika tujuan Anda adalah menjadi pengusaha, Anda juga bisa. Di kampung halaman Anda tanpa harus pindah ke kota. Kemajuan teknologi, khususnya internet yang kini merambah ke desa-desa pinggiran, juga memudahkan setiap orang untuk memulai bisnis.

 

Peluang bisnis rumahan mana yang cocok untuk daerah pedesaan?

Siapa yang mau membeli produk kita?

Apakah ada peluang usaha modal kecil yang menguntungkan di desa?

Nah, silahkan lewati pertanyaan di atas dan coba lihat beberapa contoh peluang bisnis rumahan di desa di bawah ini. Jelajahi dan pilih peluang bisnis rumahan yang sesuai dengan lokasi, keterampilan, dan modal yang Anda miliki.

 

13 Peluang Bisnis rumahan yang Menguntungkan ini cocok untuk siapa saja yang mencari ide bisnis di pedesaan yang dapat diterapkan. Berikut 13 contoh peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan, dari modal kecil hingga modal besar:

 

Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan dengan modal yang minim sekalipun. Ada beberapa contoh bisnis rumahan bermodal kecil yang menguntungkan, yaitu:

 

  1. Bisnis Kuliner

Bisnis berbasis masakan tentu merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. bagaimana bisa? Manusia membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidupnya. Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner di daerah pedesaan, pastikan Anda sudah memikirkannya dengan matang. Misalnya, berkaitan dengan daya beli masyarakat dan jenis masakan apa yang cocok untuk pasar di sekitar Anda.

 

Ada banyak jenis masakan yang bisa digunakan untuk usaha pedesaan. Beberapa contoh peluang bisnis rumahan yang bagus dan menjanjikan di bidang kuliner, seperti menjual aneka kue tradisional, warung makan atau menjual gorengan.

 

  1. Bimbel

Di mana pun itu, apakah itu pedesaan atau perkotaan, ada permintaan besar untuk usaha jasa seperti bimbingan belajar. Selain itu, mentalitas masyarakat saat ini sangat menekankan pada pendidikan. Usaha jasa dengan modal kecil ini cocok bagi mereka yang masih berstatus pelajar atau sudah berstatus ibu rumah tangga.

 

Yang harus diperhatikan di sini adalah harga patokan. Nah, karena di pedesaan, mohon hindari menyamakan tarif les di pedesaan dengan tarif les di perkotaan. Juga beradaptasi dengan masyarakat sekitar.

 

  1. Bisnis Online

Perkembangan internet menjadikan bisnis online sebagai salah satu peluang bisnis rumahan modal kecil yang dapat dilakukan oleh siapa saja dimana saja terutama di daerah pedesaan. Jadi, jika Anda ingin berbisnis online, tidak perlu jauh-jauh ke kota. Apalagi sekarang transaksi dan pengiriman barang menjadi lebih mudah.

 

Tidak perlu khawatir tentang masalah produk. Anda dapat menjual banyak hal secara online, mulai dari pakaian, makanan, hingga obat-obatan. Anda bisa menentukan salah satu yang paling sesuai dengan minat Anda.

 

  1. Pulsa & PPOB

Sinyal telepon seluler dan internet kini telah memasuki desa. Pulsa menjadi hal yang pokok untuk sebuah kebutuhan bagi semua masyarakat termasuk di pedesaan. Hal ini juga memberikan angin segar bagi Anda untuk segera memulai bisnis pulsa dan pembayaran tagihan bulanan. Seperti halnya pulsa, listrik prabayar saat ini sedang gencar digalakkan. Sehingga bisa dikatakan prospeknya cukup cerah. Anda bisa menjual pulsa elektrik dan berbagai macam pembayaran tagihan sebagai bisnis rumahan.

 

Contoh Peluang Usaha Rumahan Di Desa dengan Modal Keahlian

Jika Anda memiliki pengetahuan atau keterampilan profesional di bidang tertentu, Anda dapat mempertimbangkan bisnis di industri jasa, seperti bengkel, bisnis menjahit, layanan elektronik, dll., sebagai bisnis di rumah.

Berikut beberapa contoh peluang bisnis rumahan yang bisa Anda mulai di desa dengan modal skill:

 

  1. Layanan Perbaikan Elektronik

Usaha seperti ini cukup sedikit peminatnya, karena keahlian seperti ini juga jarang orang yang memiliki. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya Anda menyiapkan service sendiri.

Selain mendatangkan keuntungan bagi Anda, tetangga Anda juga tidak perlu jauh-jauh atau menunggu lama untuk memperbaiki peralatan elektronik yang rusak ke kota.

 

  1. Usaha menjahit.

Bisnis ini bukanlah bisnis rumahan bermodal besar. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki keterampilan menjahit terlebih dahulu. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan, terutama di awal tahun ajaran baru atau menjelang Hari Raya.

 

  1. Bengkel Motor.

Bagi yang memiliki keahlian reparasi kendaraan bermotor segeralah membuka bengkel. Seperti halnya HP, kendaraan bermotor khususnya sepeda motor sudah muncul di hampir setiap rumah warga. Nah, manfaatkan kesempatan ini.

Misalnya, sepeda motor warga rusak, dan sekarang tidak mungkin diperbaiki oleh pemiliknya di kota. Mereka pasti akan menemukan bengkel terdekat.

 

Contoh peluang Usaha rumahan di Desa Dengan Modal Besar.

  1. Usaha Pengisian Bahan Bakar Mini POM Mini.

SPBU besar biasanya terletak di area jalan utama. Nah, manfaatkan peluang ini dengan membuka POM mini. Memang dana yang dibutuhkan cukup besar karena harus menyiapkan alat, namun prospek bisnisnya cukup cerah dan layak dipertimbangkan.

Selain itu, kendaraan bermotor kini telah menjadi kebutuhan utama masyarakat yang tinggal di pedesaan.

 

  1. Bisnis warnet.

Perkembangan teknologi secara tidak langsung memungkinkan siapapun dan dimanapun untuk melek teknologi. Bahkan banyak tugas alias PR anak sekolah, yang mengharuskan mereka menggunakan internet.

 

Manfaatkan peluang di atas untuk mengembangkan bisnis warnet. Dana yang digunakan untuk usaha ini pasti lumayan besar, karena akan membutuhkan beberapa komputer, internet dan beberapa fasilitas penunjang lainnya, seperti meja, kursi, dll. Namun mengingat prospeknya yang cukup cerah, hal ini tentu tidak menjadi masalah.

Bahkan tidak perlu menyiapkan banyak komputer, Anda bisa menyewa wifi. Anda bahkan tidak perlu menyiapkan banyak komputer, Anda dapat menyewa wifi. Saat ini pelajar di berbagai daerah membutuhkan laptop, namun internet di pedesaan terkadang masih sulit atau tidak stabil, sehingga membutuhkan wifi.

 

  1. Toko pakaian

Bisnis ini bisa menjadi modal awal yang besar, atau bisa juga modal kecil. Tergantung pada persediaan pakaian yang Anda sediakan. Perkembangan zaman sekarang menuntut banyak orang untuk mengikuti fashion, jadi daripada membiarkan tetangga berbelanja jauh dari kota, lebih baik berbelanja di tetangga.

 

Memang bisnis baju online berkembang sangat pesat, namun kebanyakan orang masih lebih memilih untuk membeli baju secara langsung.

Banyak pengalaman membeli barang online tidak seperti yang diharapkan. Terutama dalam hal warna dan kain. Karena itu, membuka toko pakaian bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang patut dipertimbangkan.

 

  1. Persewaan Mesin Pertanian

Bisnis persewaan mesin sawah tentu menjanjikan, apalagi jika Anda tinggal di desa yang bermata pencaharian petani. Modal yang dibutuhkan cukup besar, karena harga mesin sawah juga cukup mahal. Jenis peralatan yang sering disewa antara lain traktor dan bajak.

Banyak petani saat ini lebih memilih menggunakan mesin karena dapat menghemat waktu dan jumlah tenaga kerja. Anda dapat membeli mesin bajak untuk menyewakan ladang petani selama musim tanam, dan Anda dapat menyewakan penggilingan padi selama musim panen.

 

  1. Peternakan

Berternak tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pedesaan, karena banyak masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti ayam, kambing, dan sapi. Tapi hanya di area kecil.

Nah, peluang bagus ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis peternakan, karena peluangnya masih besar dan prospeknya cerah. Selain itu, di pedesaan, lahan masih banyak digunakan sebagai tempat beternak. Anda dapat membuka peternakan skala yang sedang atau besar.

Beberapa contoh hewan ternak yang cocok untuk daerah pedesaan antara lain ayam buras, itik dan itik, peternakan kambing, peternakan sapi, peternakan kerbau dan banyak peternakan lain yang menjanjikan.

 

  1. Usaha pertanian

Pertanian memang identik dengan masyarakat pedesaan, karena sebagian dari mereka hidup dari hasil pertanian sebagai masyarakat pedesaan. Namun, banyak masyarakat pedesaan yang masih menggunakan metode pertanian tradisional, seperti bertani di lahan sendiri dan menggunakan alat-alat tradisional.

Peluang usaha pertanian di desa masih menjanjikan, asalkan ada dana pasti bisa. Tidak perlu tanaman yang ribet dan masa panen yang lama, untuk pemula bisa memulai bisnis pertanian dengan mudah dan cepat, namun membutuhkan banyak orang. Misalnya menanam cabai, tanaman cabai tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan banyak lahan. Selain itu, masa panennya cepat dan harganya cukup stabil, bahkan bisa melonjak di bulan-bulan tertentu seperti menjelang hari raya.

 

Di atas adalah beberapa peluang bisnis rumahan di desa dari modal kecil hingga besar. Selain jenis usaha tersebut di atas, usaha industri kreatif juga memiliki peluang yang sangat baik di pedesaan. Beberapa contohnya adalah bisnis percetakan foto, souvenir, iklan, dll. Usaha-usaha ini belum banyak dikembangkan di daerah pedesaan. Sehingga bisa dikatakan prospek bisnis ini cukup cerah.

 

Setelah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda geluti, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat. Jangan lupa untuk mempromosikannya nanti. Berikan beberapa penawaran menarik agar tetangga terdekat tertarik untuk mencoba usaha Anda.

You May Also Like