4 Kiat Aman Merawat Kaca Mobil Agar Selalu Terlihat Kinclong

Kaca pada mobil memang kerap dipandang sebelah mata padahal keberadaannya punya peran penting bagi pengemudi dan penumpang mobil tersebut. Fungsi utama dari kaca mobil ini adalah melindungi pengemudi dan para penumpang dari sengatan sinar matahari sekaligus dari guyuran air hujan. Berkat adanya kaca ini pula pengemudi bisa melaju dengan nyaman tanpa cemas menabrak apapun yang ada di depannya. Para penumpang pun bisa dengan nyaman menikmati pemandangan selama perjalanan dengan mobil tersebut.

Melihat kaca mobil punya peran yang sangat vital tentu sudah semestinya kalau dirawat dengan seksama. Salah satunya dengan membersihkan kaca ini secara teratur, namun jangan asal, simak dulu beberapa tips aman merawat kaca mobil berikut ini:

  • Hindari bahan kimia maupun alkohol,

Membersihkan kaca mobil memang akan lebih efektif jika menggunakan cairan pembersih khusus namun periksa dulu kandungan bahannya apa saja. Sebab menjadikan kaca mobil tidak hanya bersih namun tetap awet perlu dihindarkan dari kontak dengan bahan kimia dan juga alkohol. Maka pastikan cairan pembersih yang digunakan tidak mengandung dua unsur tersebut.

  • Teliti memilih kain lap kaca mobil,

Ketika membersihkan kaca mobil sudah tentu tidak mungkin Anda memakai tangan kosong melainkan memakai kain lap. Usahakan untuk tidak sembarangan saat memilih kain lap ini karena kalau salah pilih kotoran di kaca memang lenyap, namun meninggalkan goresan. Lambat laun kaca mobil menjadi buram sehingga keamanan berkemudi akan berkurang. Idealnya lap yang digunakan memiliki permukaan yang lembur supaya tidak berpotensi menggores, dan sebelum digunakan pastikan dalam keadaan bersih.

  • Gerakan membersihkan kaca harus searah,

Selain cairan dan kain lap yang dipakai harus benar-benar tepat, ternyata masih kurang maksimal kalau gerakan Anda membersihkannya salah. Beberapa orang yang tidak paham bagaimana merawat kaca mobil sekedar melapnya dengan asal. Padahal untuk menjadikannya bersih maksimal dan nampak kinclong butuh gerakan searah dengan maksud menghindari penumpukan sisa kotoran di semua bagian kaca. Selain itu menghindari goresan, sebab kalau dilap bolak-balik malah besar kemungkinan kotorannya tersebar ke area kaca dan menjadi buram.

  • Segera lap kaca mobil usai digunakan bepergian,

Setiap kali menjumpai kaca mobil terlihat kotor maka baiknya segera sigap membersihkan kotoran tersebut. Mulailah untuk rajin membersihkan kaca mobil, apalagi tindakan ini idealnya dilakukan dua kali dalam sehari untuk memastikan kaca tetap jernih. Ketika mendapati ada noda pun baiknya segera dilap memakai lap dan cairan pembersih khusus. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah noda atau kotoran tersebut menjadi kerak dan semakin sulit untuk dibersihkan, sehingga malah membuat proses merawat kaca mobil terasa berat dan memakan banyak waktu dan tenaga.

You May Also Like