4 Kiat Memilih Aki Mobil dengan Kualitas Baik

Aki termasuk ke dalam jenis komponen di dalam mesin mobil yang memiliki peran sangat vital karena berkaitan dengan sistem kelistrikan di dalam mesin. Aki ini bertugas untuk menyalurkan maupun menghasilkan energi listrik untuk kemudian bisa menjadikan semua komponen mesin mobil bekerja secara aktif. Sehingga mobil pun bisa bergerak meskipun untuk memastikan gerakan mobil memang nyaman dan berkualitas perlu dicek kondisi komponen lainnya. Tetap saja ketika komponen gerak mobil baik namun akinya soak, mobil pun tidak bisa diajak kemana-mana.

Supaya mobil bisa memiliki kinerja yang baik tentunya butuh sokongan komponen mesin yang berkualitas, termasuk pula pada aki. Mendapatkan aki berkualitas ternyata tidak selalu mudah maka simak dulu beberapa kiat di bawah ini:

  • Memilih jenis aki mobil,

Jenis aki untuk kendaraan, baik motor maupun mobil ada dua yakni aki basah dan juga aki kering. Biasanya orang cenderung memilih aki kering yang punya daya tahan lebih baik meskipun kemampuannya terhadap panas tidak terlalu baik dan harganya mahal. Namun karena tidak perlu perawatan rutin dan awet maka dijadikan pilihan utama.

  • Kapasitas aki memang sesuai dengan kebutuhan mobil,

Semua mobil memiliki karakternya masing-masing dan biasanya oleh pabriknya sudah disediakan informasi spesifikasinya secara detail. Jenis aki di pasaran memang hanya ada dua namun soal jenis kapasitasnya tentu bermacam-macam. Baiknya konsultasikan dengan mekanik kepercayaan Anda agar aki yang dibeli kapasitasnya pas. Sebab kalau kurang maka kinerja mobil pun akan terganggu sementara kalau berlebihan Anda membuang terlalu banyak uang untuk membelinya.

  • Memilih aki dari merek terkemuka,

Menentukan kualitas aki memang kadang sangat ampuh jika mengandalkan siapa yang memproduksinya. Merek aki memang selalu memberikan jaminan kualitas sebab semakin terkenal mereknya dan semakin banyak dipilih otomatis bagus. Anda pun dijamin tidak akan kecewa sudah menjadikannya pilihan, hanya saja untuk aki bermerek ini memang butuh dana ekstra karena lebih mahal ketimbang aki yang lebih biasa. Namun ada jaminan awet disana yang ikut didapatkan saat Anda menyodorkan uang ke meja kasir, maka bisa dijadikan pertimbangan.

  • Pastikan membeli baru bukan bekas apalagi rekondisi,

Pada saat membutuhkan aki mobil yang kualitasnya bagus sudah tentu jalan terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan membeli yang baru. Pastikan dicoba dulu sebelum dibeli atau dipasang di tempat Anda membelinya sehingga tidak bolak-balik tukar dengan aki lain yang lebih baik. Kalau Anda berniat hemat dengan membeli aki bekas bisa jadi sudah soak parah sehingga bertahan sebulan saja sudah harus sujud syukur. Maka pilih aki baru, jangan bekas maupun rekondisi karena kualitasnya tentu sudah tidak maksimal lagi.

You May Also Like