5 Peluang Usaha di Bidang Fashion Yang Mudah Dijalankan

Perkembangan industri fashion di Indonesia yang membuat usaha-usaha di industri fashion banyak diminati oleh para pebisnis. Berbagai jenis industri fashion bermunculan, misalnya usaha hijab, usaha pakaian  muslim, hingga aksesoris wanita dan masih banyak lagi lainnya.

Meski banyak Brand besar yang menggarap bisnis fashion, tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis fashion yang saat ini masih terbuka peluangnya. Terlebih didukung dengan banyaknya media online seperti media sosial youtube, facebook dan instagram mempermudah Anda untuk memasarkan produk fashion ke banyak orang melalui internet.

5 Peluang Usaha di Bidang Fashion yang Mudah Dijalankan

Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha di bidang fashion:

 

  1. Bisnis aksesoris wanita

 

Salah satu bisnis yang bisa Anda coba untuk wanita di rumah adalah bisnis aksesoris wanita. Aksesoris seperti syal, bros, ikat kepala, dan aksesoris rambut populer di kalangan wanita. Prospek bisnisnya luas dan menguntungkan. Harga beli aksesoris murah bisa dijual dengan harga tinggi, yang membuat bisnis ini sangat menarik untuk dijalankan. Apalagi jika Anda kreatif dan mampu membuat produk pendukung sendiri, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Untuk memulai bisnis aksesori, Anda bisa melihat aksesori yang dipakai dan disukai wanita, lalu mencari distributor aksesori sebagai pemasok produk. Sebagai langkah awal, Anda bisa memesan sedikit, jika banyak yang tertarik, Anda bisa memesan lebih banyak. Untuk pemasaran, Anda bisa memulainya dengan komunitas di dekat rumah Anda, kemudian Anda juga bisa menggunakan internet seperti Facebook, WA, Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Jika Anda bekerja keras, Anda juga dapat mengembangkan bisnis aksesoris dan memberikan keuntungan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

 

  1. Bisnis Jilbab

Bagi wanita muslimah yang berhijab, sangat penting untuk menutupi auratnya. Oleh karena itu, banyak wanita muslimah yang memakai hijab. Saat ini, tren hijab mempengaruhi wanita Indonesia. Tak heran, semakin banyak usaha hijab yang menekuninya. Keuntungan dari penjualan jilbab yang sangat menarik, dengan modal yang sangat terjangkau menjadikan bisnis ini menjadi favorit para wanita khususnya para ibu-ibu.

 

Bisnis hijab cocok untuk ibu-ibu atau wanita yang ingin memanfaatkan waktu luangnya di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda dapat mencari produsen hijab, yang harganya sedikit miring, tetapi kualitas dan bentuknya sangat menarik. Sebagai promosi awal, Anda bisa menjualnya kepada keluarga dan tetangga serta masyarakat sekitar. Jika berjalan dengan baik, Anda juga dapat menggunakan internet seperti media sosial atau membuat toko online untuk mempromosikan jilbab

 

  1. Bisnis Pakaian Muslim

Tren busana muslim Indonesia yang sedang populer sedang menjangkiti kaum wanita. Produsen pakaian menampilkan berbagai jenis model pakaian muslim. Tren penggunaan busana muslim ini menjadikan peluang bisnis ini penuh harapan. Bagi ibu-ibu yang tidak memiliki aktivitas di rumah, membuka toko baju muslim mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Kita bisa mencari distributor baju muslim untuk bekerjasama. Jika Anda menemukan distributor yang cocok, Anda akan memesan produk dan menjualnya kepada wanita di sekitar area perumahan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Facebook, WA, dan Instagram untuk mempromosikan pakaian muslim yang akan dijual. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menjual jilbab.

 

  1. Bisnis Baju Anak

Tingginya permintaan pakaian anak membuat industri pakaian anak menjanjikan. Kebutuhan pakaian terutama untuk anak memang tinggi, rata-rata 3-4 bulan sekali orang tua akan membelikan baju baru untuk sang anak. Khusus untuk anak usia 3-12 tahun, tingkat pertumbuhannya sangat cepat, sehingga pakaiannya cepat mengecil. Bisnis ini cocok untuk ibu-ibu yang ingin melakukan pekerjaan sampingan di rumah. Anda bisa menjual pakaian dan pakaian anak lainnya kepada masyarakat di sekitar pemukiman tempat tinggal Anda. Anda dapat mencari proudsen/distributor pakaian berkualitas tinggi dan murah, kemudian mencari model pakaian anak-anak yang populer, seperti pakaian dengan karakter kartun yang saat ini sedang trend dikalangan anak-anak.

Jika Anda serius dan rajin, bisnis rumahan ini sangat menjanjikan. Awalnya bisa pesan sedikit, kalau banyak yang suka dengan baju anak yang dijual bisa pesan lebih banyak, kalau perlu sediakan ruangan khusus di depan rumah untuk jual baju anak.

 

  1. Usaha Salon Kecantikan

Wanita atau ibu-ibu yang ingin memulai bisnis di rumah, bisa juga mencoba membuka salon kecantikan. Anda dapat membuka usaha salon kecantikan di area rumah untuk menerima jasa rias pengantin atau wisuda, jasa perawatan rambut, sampai perawatan wajah dan tubuh. Kiat sukses membuka usaha salon kecantikan yaitu salah satunya memberikan pelayanan yang ramah dan baik dan juga hasil yang memuaskan agar pelanggan senantiasa ikut mempromosikan usaha kita ke teman dan saudara mereka. Tentu untuk mendapatkan ketrampilan merias Anda bisa mengikuti kursus kecantikan di daerah Anda yang biasanya sering diadakan oleh salah satu perusahaan perawatan wajah.

 

Dari kelima peluang bisnis di bidang fashion, bisnis mana yang sekiranya cocok untuk Anda terapkan? Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari riset produsen/suplier pemasok produk, modal usaha, hingga pemasaran. Semua perlu dipertimbangkan agar saat usaha sudah mulai tumbuh semua persiapan sudah matang dan siap untuk dikembangkan lebih besar lagi.

You May Also Like