7 Ide Peluang Usaha Di Bidang Jasa Dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang tertentu baik secara akademik maupun otodidak merupakan nilai plus yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan pekerjaan maupun membuka sebuah usaha. Kemampuan atau keahlian yang Anda miliki bisa jadi peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Daftar 7 Ide Peluang Usaha Di Bidang Jasa Dengan Modal Kecil

Ada beberapa peluang usaha rumahan yang memanfaatkan keahlian atau ketrampilan yang mungkin anda miliki, dan jika dikelola dengan profesional bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Misalnya, jasa jahit, cukur rambut, jasa penulis, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut selengkapnya:

 

  1. Jasa Cukur Rambut

Selama rambut di kepala masih tumbuh, orang akan selalu mencari jasa potong rambut. Peluang bisnis ini memang sangat menjanjikan, dan tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Anda juga bisa menggunakan ruangan di depan rumah untuk menjalankan barber shop di rumah. Kemudian Anda bisa membeli alat cukur seperti gunting, kursi dan alat cukur. Keuntungan dari bisnis barber shop memang sangat menggiurkan, harga dewasa saat ini berkisar 15.000. Untuk toko tukang cukur terkenal, 10 kepala sehari sangat mudah.

 

  1. Bisnis Laundry

Di masyarakat perkotaan, ruang cuci dan tempat lain untuk mencuci pakaian sangat dibutuhkan. Orang yang sibuk dengan pekerjaan tidak sempat mencuci pakaiannya, sehingga mereka menggunakan jasa laundry. Bisnis jasa laundry kiloan semakin marak di perkotaan saat ini karena memberikan keuntungan yang besar. Meski sudah berusaha keras, laundry tetap kebanjiran pesanan setiap hari, terutama di musim hujan. Luandry cocok untuk siapa saja yang ingin memulai bisnis di rumah, terutama ibu rumah tangga. Apalagi jika rumah Anda berada di kawasan kampus dan kawasan perumahan. Dana utama usaha ini hanya satu kamar, yang bisa menerima barang dan tempat laundry, mesin cuci dan setrika. Untuk perkembangan bisnis Anda yang pesat, dengan banyak pelanggan, kami memberikan pelayanan yang baik seperti cucian bersih, setrika rapi dan harum.

 

  1. Steam Motor dan Mobil

Memiliki rumah di area jalan raya merupakan investasi yang sangat berguna, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha Steam Mobil dan motor. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat membuat bisnis ini sangat menjanjikan dan dapat berkembang, apalagi jika ditunjang dengan keahlian dalam memperbaiki sepeda motor atau mesin mobil. Untuk menjalankan usaha ini, setidaknya memiliki tempat yang relatif luas untuk bisa memarkir mobil dan motor yang sudah dicuci. Kemudian Anda juga perlu mencari karyawan untuk mencuci mobil dan motor, Anda bisa merekrut karyawan usua remaja untuk melakukan pekerjaan ini. Agar bisnis Anda berkembang dan memiliki lebih banyak konsumen, latih karyawan untuk mencuci mobil dengan benar dan latih mereka untuk melayani konsumen dengan ramah agar tidak mengecewakan konsumen. Steam mobil dan motor bisa memberikan keuntungan yang cukup besar, apalagi jika letak usahanya yang strategis di tengah kota atau jalan raya.

 

  1. Kursus bahasa asing

Saat ini, bahasa asing sangat membantu dalam mencari pekerjaan, terutama di perusahaan asing dan mereka yang ingin menjadi pekerja migran. Selain itu, pasar bebas yang masuk ke Indonesia, tentunya kemampuan bahasa asing akan semakin dibutuhkan.

Nah, jika Anda pandai bahasa Inggris, Jepang, Korea dan bahasa asing lainnya, maka ini bisa sebagai peluang bisnis di rumah. Anda dapat membuka kursus bahasa asing di rumah. Jika Anda bekerja, Anda dapat menawarkan kursus selama liburan atau malam hari. Namun, jika Anda tidak bekerja, Anda dapat memulai kursus pada hari kerja. Untuk menyiapkan kursus bahasa asing, Anda hanya perlu menyiapkan ruangan dan beberapa kursi untuk diduduki siswa. Siapkan juga papan tulis dan spidol.

 

  1. Agen Pembayaran Listrik dan Telepon

Ada peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis pembayaran listrik dan telepon. Banyak orang yang tinggal di daerah pemukiman tidak punya waktu untuk membayar sendiri tagihan listrik dan telepon karena jadwal yang padat. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjadi agen tagihan listrik dan telepon rumah Anda. Apalagi sekarang ini sistem pembayaran tagihan listrik dan telepon semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Pertama, Anda perlu bekerja sama dengan salah satu provider layanan Payment point, lalu buka loket pembayaran online. Peralatan yang perlu Anda siapkan adalah komputer dan printer untuk mencetak struk pembayaran. Anda juga bisa berjualan pulsa elektrik dan pulsa listrik, karena masyarakat sekitar pasti lebih rela ke tempat Anda daripada harus keluar karena harganya sama.

 

  1. Layanan Fotokopi

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan kampus atau kantor, maka usaha fotocopy ini cocok dijadikan sebagai usaha rumahan. Bisnis ini sangat menjanjikan dan tidak akan pernah sepi, apalagi jika rumah anda tepat di depan kampus, karena banyak mahasiswa yang akan menggunakan jasa fotocopy anda. Untuk membuatnya lebih menarik bagi pelanggan Anda, Anda juga dapat menerima penjilidan. Selain itu, Anda juga dapat melengkapi barang-barang alat tulis seperti buku catatan, pulpen, peta, dan barang ATK lainnya.

 

  1. Konter Pulsa

Lebih dari puluhan jutaan orang Indonesia menggunakan smartphone, dimana 90% menggunakan sistem pulsa prabayar dan 10% sisanya menggunakan pulsa pascabayar. Selain untuk kelancaran komunikasi dan media informasi serta kegunaan lainnya, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan gaya hidup modern. Banyaknya pengguna smartphone dengan pulsa prabayar memberikan peluang bisnis yang besar dan menjanjikan. Apalagi sekarang ini penggunaan pulsa elektrik bisa lebih cepat dan mudah pengisiannya.

Peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan, terlebih lagi bila Anda tinggal di area yang jauh dari konter, prospeknya masih luas. Untuk mengembangkan bisnis ini di tempat Anda tinggal, Anda perlu menjalin kemitraan dengan operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, dan 3. Dibandingkan dengan distributor pulsa, keuntungan bekerja sama langsung dengan operator seluler terletak pada kelancaran pemasukan pulsa yang lebih cepat dan tanpa gangguan apapun. Selain menjual pulsa, Anda juga bisa menjual top up game dan aksesoris smartphone, sehingga keuntungan Anda tidak hanya dari berjualan pulsa saja. Anda bisa menggunakan salah satu ruangan di depan rumah sebagai loket penjualan pulsa.

Demikian daftar 7 ide peluang usaha di bidang jasa dengan modal kecil skala rumahan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin terjun sebagai wirausaha. Yang paling penting adalah untuk memulai usaha terlebih dulu, seiring berjalannya usaha Anda bisa membeli peralatan dan kelengkapan usaha yang lebih baik untuk menunjang bisnis Anda. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

 

 

Next Post

No more post

You May Also Like