7 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Zaman sekarang, orang semakin sibuk. Mereka tidak punya banyak waktu untuk berbelanja secara konvensional. Oleh karena itu, semakin banyak orang memanfaatkan internet untuk berbelanja.

Belanja online juga bisa menggiurkan karena menawarkan barang-barang yang tak kalah menariknya dengan toko konvensional. Harganya juga bisa jadi lebih murah. Selain itu, belanja online juga menawarkan kemudahan. Anda tinggal memilih barang, membayar, dan barang sampai di tangan Anda beberapa hari kemudian.

Akan tetapi, kadang muncul kekhawatiran. Bisakah si penjual dipercaya? Bagaimana kalau barangnya tidak sesuai? Agar Anda puas dalam belanja online, coba simak tipsnya.

  • Pahami risiko belanja online. Sebelum Anda mulai berburu barang yang Anda inginkan, pahami bahwa Anda menghadapi sejumlah risiko belanja online. Anda bisa saja mendapat barang yang tidak sama persis karena faktor warna layar monitor. Misalnya, warna tas yang Anda terima lebih terang daripada di foto. Atau, mungkin jasa pengiriman tidak bekerja secepat yang dijanjikan sehingga Anda harus menunggu lama. Jika Anda enggan menunggu, belanja online mungkin bukan pilihan untuk Anda.
  • Cari tahu reputasi penjual (seller) Anda. Coba cari tahu apakah ada keluhan mengenai penjual tersebut dan lihat bagaimana sang penjual menangani keluhan tersebut.
  • Cari rekomendasi dari teman atau komunitas yang Anda percayai. Anda juga bisa memakai twitter atau facebook untuk mencari tahu. Pelanggan yang puas pasti akan senang hati memberi tahu orang lain untuk berbelanja di tempat yang sama.
  • Baca aturan belanja online situs Anda. Belanja online berbeda dengan toko biasa di mana Anda tinggal masuk toko dan meminta barang yang Anda inginkan. Saat belanja online, Anda perlu memahami aturan belanja penjual Anda. Mungkin ia hanya mau merespons SMS Anda dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Jadi, jangan cepat gusar jika SMS Anda pada jam 2 pagi tidak dibalas segera. Atau, mungkin ia membutuhkan beberapa hari untuk memproses pengiriman barang Anda.
  • Bertanyalah tentang produk yang Anda inginkan. Seringkali kita kecewa setelah menerima barang yang kita beli. Untuk menghindari kekecewaan belanja online, bacalah deskripsi barang yang Anda inginkan. Jika informasi tersebut tidak tersedia, bertanyalah. Penjual yang baik akan melayani pertanyaan Anda.
  • Percayailah insting Anda. Amankah berbelanja di tempat itu? Terkadang jawabannya ada di insting Anda sendiri. Jika Anda merasa ada sesuatu yang aneh, lebih baik Anda batalkan saja. Anda juga bisa memperhatikan sering tidaknya content situs itu di-update, kualitas foto yang ditampilkan, atau cepat tidaknya penjual merespons Anda. Jika fotonya asal-asalan atau mencomot dari situs lain, Anda perlu mempertimbangkannya lagi.
  • Ragu-ragu? Mulailah dengan belanja online kecil-kecilan. Jika Anda ragu apakah penjual Anda bisa dipercaya, mulailah dengan belanja satu atau dua barang. Jika penjual mangkir, Anda tidak akan terlalu rugi.

Pada akhirnya, keputusan berbelanja online atau tidak kembali pada diri Anda. Selama Anda tetap berhati-hati, tidak mudah tergiur, dan mencari informasi sebelum memutuskan, belanja online bisa menjadi aman dan nyaman. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda akan keranjingan belanja online!

You May Also Like