Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Tepat Agar Kinerjanya Tidak Terganggu

Perawatan mobil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mencucinya secara rutin. Pencucian mobil tidak hanya dilakukan pada interior dan eksteriornya saja, akan tetapi juga pada mesinnya. Mesin merupakan komponen utama sebagai penggerak mobil sehingga harus dipastikan bahwa kondisi mesin benar-benar baik dan bersih sehingga kinerjanya tidak akan terganggu.

Anda dapat dengan mudah mencuci mesin Anda karena langkahnya sangat mudah dan sederhana. Berikut adalah cara yang tepat untuk membersihkan mobil Anda:

  • Pastikan mesin mobil hangat agar kerak dan kotoran lebih mudah terangkat serta lindungi komponen mesin elektrik agar tidak terkena air.
  • Bersihkan terlebih dahulu bagian mesin yang mudah dijangkau. Semprot menggunakan air dengan tekanan sedang saja pada bagian kap mobil terlebih dahulu. Selanjutnya gunakan sabun yang bisa melarutkan kotoran yang bercampur dengan oli maupun kotoran debu yang menempel. Anda dapat menggunakan sabun colek biasa dan sikat dengan kuat. Selanjutnya segera bilas dengan air hingga benar-benar bersih. hal ini dilakukan agar tidak ada bekas sabun yang mengering sehingga mesin tetap bersih. lap menggunakan kain kering hingga tidak ada sisa air bilasan yang menetes.
  • Cuci ruang mesin dengan menyemprotkan air menggunakan tekanan yang tidak terlalu tinggi. Anda bisa menyemprotkan air melalui selang atau botol spray dengan tekanan rendah.
  • Bersihkan bagian belakang mesin kemudian bagian belakang mesin mobil Anda dengan menggunakan spons atau kuas khusus yang telah dicelupkan pada pembersih.
  • Lakukan pembersihan pada radiator dan AC dengan lebih hati-hati. Pertama Anda buka grill depan dan lakukan pembersihan. Karena sistem pengikat rawan patah, maka Anda harus ekstra berhati-hati dalam membersihkan dua bagian mesin ini.
  • Bila Anda akan membersihkan bagian mesin yang kecil dan rumit, maka gunakan alat yang kecil seperti kuas dengan ukuran yang sesuai dengan bagian mobil yang akan Anda cuci.
  • Gunakan pembersih khusus bila noda oli telah membandel dan sulit dihilangkan.
  • Bilas menggunakan air bersih dengan tekanan rendah sehingga noda sabun tidak akan menyebar ke bagian mobil lainnya.
  • Lap menggunakan kain kering dan bersih dengan segera setelah selesai dibilas. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan noda kering pada mesin mobil Anda. selain itu, air yang masih tersisa pada mesin dapat menyebabkan karat yang merusak komponen mesin. Karenanya begitu selesai dicuci segera di lap hingga kering.

Langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah sehingga tidak perlu mencucinya di tempat cuci mobil. Anda dapat menghemat biaya dan lebih mengerti mengenai kondisi mesin mobil Anda. Dengan demikian bila terdapat masalah pada mesin mobil, Anda akan segera mengetahuinya karena sembari mencuci, otomatis Anda akan mengecek komponen-komponen mesin mobil Anda.

Previous Post

No more post

You May Also Like