Cara untuk Membuat Deskripsi dari Contoh Karangan Teks Deskripsi

Karangan Teks deskripsi merupakan salah satu bentuk karangan yang berisi deskripsi mengenai sesuatu berupa apa yang dilihat, dirasa, dan didengar. Apabila Anda melihat contoh karangan Teks deskripsi yang dibaca dalam karya sastra, Anda akan melihat betapa kaya akan detail dalam sebuah karangan deskripsi itu.

Karangan Teks deskripsi bisa memperkaya detail dalam cerita. Untuk itu, banyak penulis mengandalkan deskripsi dalam karyanya. Anda juga ingin membuat sebuah cerita? Pelajari terlebih dahulu contoh karangan Teks deskripsi.

Sebagai penulis pemula, contoh karangan Teks deskripsi sangat dibutuhkan untuk melatih mendeskripsikan sesuatu secara mendetail. Anda tahu  novel karya Pramudia Ananta Toer? Karya Pramudia yang kritis kaya akan deskripsi yang dijabarkan dengan penuh detail. Anda bisa belajar bagaimana membuat karangan Teks deskripsi melalui contoh karangan Teks deskripsi yang bisa Anda lihat dalam karya Pramudia Ananta Toer.

Pedoman Membuat Deskripsi dalam Cerita untuk Pemula

Kemampuan seseorang dalam mengolah tulisan berbeda-beda, bisa ditentukan dari karakter penulis atau gaya penulisannya. Itu artinya tidak semua penulis piawai dalam membuat sebuah deskripsi. Untuk itu, dibutuhkan beberapa contoh karangan Teks deskripsi untuk membuat deskripsi dalam tulisannya.

Contoh karangan Teks deskripsi bisa kita baca dari karya novel penulis yang sudah perpengalaman. Coba saja Anda baca karya mereka yang mendeskripsikan sesuatu baik realitas maupun imajinasi. Mereka menyajikan karanganya dengan mendetail.

Contoh karangan Teks deskripsi bisa mendukung Anda sebagai penulis pemula untuk belajar mendeskripsikan apa yang dilihat, dirasa, dan didengar. Jika kita kilas balik, karangan Teks deskripsi pertama kali dikenal sejak masih sekolah, bukan? Bahkan, karangan Teks deskripsi menjadi salah satu bentuk soal ujian, yang cukup membuat kita lelah untuk menyelesaikannya.

Jadi, Anda tinggal bernostagia bagaimana membuat karangan Teks deskripsi. Sebagai pelengkap Anda untuk mengasah kepiawaian dalam membuat deskripsi, ada beberapa contoh karangan Teks deskripsi yang Anda butuhkan.

Contoh karangan Teks deskripsi bisa kita temukan tidak hanya dari karya novel dari penulis berpengalaman. Bahkan, dari berbagai artikel yang ada dalam surat kabar, majalah, buku, juga memuat contoh karangan deskripsi sehingga bisa memperkaya perbendaharaan kata pada saat Anda akan membuat karangan deskripsi.

Jadi, peluang Anda untuk terampil membuat karangan Teks deskripsi terbuka lebar. Membaca berbagai jenis bacaan yang sarat dengan deskripsi, secara tidak langsung juga bisa membantu Anda lebih tajam menuangkan deskripsi.

Contoh karangan Teks deskripsi bisa Anda lihat dalam penggalan cerita yang ada dalam novel Perburuan karya Pramudia Ananta Toer, yaitu sebagai berikut.

Bunyi gamelan yang penghabisan telah lenyap di udara senja hari. Sepagi anak lurah Kaliwangan telah disunati. Tamu-tamu telah habis pulang. Senja rembang datang. Tamu yang tinggal sekarang hanya segerombolan pengemis, laki-perempuan yang memperhatikan ruang bekas permainan wayang sebentar tadi.

Pengemis…laki-laki perempuan hampir telanjang. Dan yang laki-laki hanya tempat penting saja yang tertutup. Mereka duduk, jongkok atau berdiri berpegang tiang di teritis pendopo…tanah datar yang dua sentimeter lebih tinggi daripada tanah bawah (Pramudia Ananta Toer dalam Perburuan, 1994: 1).

***

Contoh karangan Teks deskripsi yang ditunjukkan oleh Pramudia Ananta Toer di atas mendeskripsikan situasi pertunjukkan gamelan. Anda bisa lihat bagaimana penulis membuat detail pertunjukkan gamelan yang memadukan antara realitas dengan olah kata yang mengarahkan pada satu situasi sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran bagaimana pertunjukkan gamelan itu berlangsung.

Contoh Karangan Teks Deskripsi dari Karya Penulis Terkenal

Semakin banyak referensi Anda membaca deskripsi dari karya penulis terkenal, semakin piawai Anda membuat sebuah deskripsi melalui contoh karangan deskripsi yang ada dalam karya mereka. Untuk itu, ada beberapa contoh karangan deskripsi dari para penulis terkenal, antara lain sebagai berikut.

…di tempat kita berdiri, rumput itu rimbun dan kusut sehingga tanah di bawahnya tak berumput. Namun, bukit-bukit yang menghijau itu semakin rusak. Makin turun ke bawah, makin berubah keadaannya. Makin merah dan makin gundul: air hujan dan kabut tak dapat lagi diisapnya, dan arus dalam jurang-jurang itu pun menjadi kering.

Sudah terlalu banyak ternak yang menghabiskan rumput itu dan sudah terlalu banyak api yang membakarnya. Jangan injak tempat ini tanpa memakai sepatu, sebab tanahnya kasar dan banyak bagian-bagian yang tajam dan batu-batu yang dapat melukai kaki (Paton dalam Ratapan Tanah Air, 1982, h. 6).

***

Namaku Shakuntala

Aku melihat temanku Laila, lewat jendela. Ia muncul dari balik kabut debu yang ditiup angin jalanan. Ia menyembul dari bawah trotoar. Kepalanya lebih dulu, lalu tubuhnya, terakhir kakinya, seperti bayi dilahirkan dari stasiun metro bawah tanah.

Ia melangkah lekas-lekas, tetapi daun0daun kering yang lelarian menyusulnya lalu menari berputar-putar di kavling pasar loak meskipun para pedagang tengah berkemas-kemas pulang. Sudah sore. Lima menit kemudian ia masuk dari balik pintu apartemenku tanpa bunyi lonceng. Lift bobrok itu masih rusak juga. Tak ada belnya. Ia pasti naik tangga (Ayu Utami dalam Saman, 1998, h. 116).

***

Sejak September, ibu Shoba satu-satunya tamu mereka. Wanita itu datang dari Arizona dan tinggal dua bulan bersama mereka sepulangnya Shoba dari rumah sakit. Ibu Shoba memasak hidangan makan malam setiap malam, pergi sendiri naik mobil ke swalayan, mencuci pakaian mereka, dan menyimpan pakaian-pakaian itu.

Wanita itu religius. Dia mendirikan tempat pemujaan kecil, dilengkapi gambar berbingkai dewi berwajah lembayung dan piring berisi kelopak-kelopak marigold di meja samping tempat tidur kamar tamu. Ibu Shoba berdoa dua kali sehari, memohon cucu yang sehat di masa depan. Dia bersikap sopan pada Shukumar meskipun tidak bisa disebut ramah.

Dia melipat sweater-sweater Shukumar dengan keterampilan yang dipelajarinya saat bekerja di departement store. Dia menggantikan kancing lepas pada jas musim dingin Shukumar tanpa basa-basi, seakan Shukumar tidak sengaja menjatuhkan syal itu (Jhumpa Lahiri dalam Interpreter of Maladies, 1999, h. 21)

***

Mahmud tampak sedang berbicara sendiri; Abdullah tersenyum sambil sedikit menggerakkan kepala ke kanan dan kekiri. Anggota keluarga kecil itu menyambut kedatangan sang kepala rumah tangga dengan tenang dan riang. Sattara langsung meraih tangan suaminya, lalu menciumnya.

Setelah itu, Abdullah melangkah ke arah kulah kecil; membasuh tangan dan mengusap wajahnya. Kemudian, ia duduk di kursi di samping taman belakang rumah. Sattarah menghidangkan ashroone, lalu menemani suaminya. Ketika mereka mulai bercakap-cakap, sekali lagi terdengar suara ketukan pintu. Sattarah menyuruh Mahmud membukakan pintu (Husayn Fattahi dalam Tawanan Benteng Lapis Tujuh, 2009, h. 13).

***

Dengan telapak tanganya ia merasakan tanah di bawahnya. Namun, ia tidak menemukan debu. Kedua kelopak matanya terangkat dari kedua matanya yang sipit, lalu ia julurkan lehernya ke arah cahaya sehingga tampaklah wajahnya yang kurus, panjang, dan sawo matang, tetapi cenderung kehitam-hitaman. Ia belum pernah melihat wajahnya pada malam hari.

Di tangannya tidak ada cermin, tapi ada cahaya putih yang jatuh di punggung tangannya hingga menjadi putih. Kedua matanya yang sipit melebar karena kaget dan dipenuhi cahaya sehingga seolah-olah seperti mata bidadari. Ia menggerakkan kepalanya ke kanan dan ke kiri karena heran.

Lapangan yang luas dipenuhi pohon-pohon yang rindang di atas kepalanya. Ia duduk di bawah naungan pohon itu, ranting-rantingnya seperti pita emas, putik-putiknya seperti mutiara. Di depannya tersedia piring-piring yang dipenuhi makanan lezat (Nawal El Saadawi dalam Tak Ada Tempat bagi Perempuan di Surga, 2003).

***

Lima Cara untuk Membuat Deskripsi dari Contoh Karangan Teks Deskripsi

Contoh karangan deskripsi bisa kita lihat dari banyak sumber, bisa melalui buku, novel, artikel, dan majalah. Namun, semua contoh karangan deskripsi tersebut tidaklah cukup untuk Anda jadikan sebagai patokan, terutama bagi penulis pemula. Setidaknya ada lima cara untuk membuat sebuah deskripsi dari contoh karangan deskripsi yang ada dalam karya penulis terkenal.

Ada lima cara membuat deskripsi, berdasarkan dari contoh karangan deskripsi, antara lain sebagai berikut.

  • Menggunakan kata-kata pilihan yang sesuai dengan jiwa kita. Pemilihan kata-kata terkait dengan materi yang disajikan, dan gaya khas penulis sendiri.
  • Perhatikan tatabahasa dan tanda baca. Tatabahasa dan tanda baca membuat karangan teks deskripsi Anda memiliki ruh dan kekuatan yang penuh misteri.
  • Hindari pembukaan cerita yang bertele-tele. Deskripsi yang menjelaskan atau memaparkan sesuatu dengan detail, bukan berarti bertele-tele dalam penyampaiannya.
  • Jangan ragu atau malu untuk memulai membuat karangan teks deskripsi, meski Anda belum mahir mendeskripasikannya secara mendetail.

You May Also Like