Contoh Argumentasi Ide Utama dalam Esai Bahasa Indonesia

Contoh argumentasi ide utama dalam esai bahasa Inggris adalah ‘Songs can bring bad behaviours’. Tentu saja kalimat ide utama itu harus didukung oleh kalimat-kalimat lain yang ada pada paragraf pembuka dan paragraf-paragraf lain yang ada dalam isi esai dan terakhir didukung oleh kalimat-kalimat dalam paragraf penutup.

Contoh-contoh fakta yang mendukung pernyataan kalimat ide utama juga harus diberikan. Teori dan ide pendukung lain juga harus dinyatakan dengan jelas. Inilah salah satu cara membuat esai argumentasi.

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh pembelajar bahasa Inggris. Tanpa mampu menulis, pasti terasa ada yang kurang dengan ketrampilan bahasa Inggris yang telah dipelajari oleh seorang pembelajar bahasa Inggris. Sebagai salah satu aktivitas produktif, selain Speaking, Writing atau menulis ini memang harus banyak dilatih.

Tidak harus setiap hari, tapi kalau bisa melakukannya sesering mungkin, kualitas tulisan akan semakin bagus. Di antara jenis esai yang harus dikuasai adalah membuat esai argumentasi. Seperti juga jenis esai lain, esai argumentasi harus mempunyai ide utama yang juga disebut dengan thesis statement. Contoh argumentasi ide utama dalam bahasa Inggris, adalah ‘Everybody believes that his or her life will not be good without having friends’.

Semakin Banyak Contoh Argumentasi Ide Utama dalam Esai, Semakin Baik

Contoh argumentasi ide utama dalam bahasa Inggris memang harus diberikan sebanyak mungkin agar pembelajar bahasa Inggris tahu bagaimana membedakan dengan ide utama tulisan jenis lain, seperti naratif, ekspositori, dan deskriptif.

Salah satu ciri ide utama dalam esai argumentasi adalah bahwa ide utama itu haruslah satu kalimat utuh dan bukan merupakan sebuah contoh. Seperti contoh argumentasi ide utama esai di atas, terlihat kalau kalimat tersebut merupakan kalimat utuh dan bukan sebuah contoh.

Contoh argumentasi ide utama dalam esai bahasa Inggris selanjutnya, adalah ‘Without us, global warming will be unstoppable.’ Kalimat yang berisi ide utama esai ini bisa diletakkan di paragraf pembuka atau Introductory paragraph. Posisinya bisa di kalimat pertama, kalimat terakhir, kalimat pertama dan kalimat terakhir, kalimat yang berada di tengah-tengah atau tersirat saja seperti pada esai naratif.

Kalimat tersebut adalah kalimat utuh dan tidak mempunyai anak kalimat. Kalau pun akan membuat satu ide utama dalam bentuk kalimat kompleks, hal itu tidak menjadi masalah. Hal ini karena setiap paragraf bisa saja mempunyai kalimat topik yang lebih sebagai bentuk penggambaran deskriptif, naratif, dan ekspositori, namun keseluruhan esai adalah argumentasi.

Contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris ini bila dilatihkan cukup lama, pembelajar akan sangat cepat bisa membuat satu ide utama. Dari ide utama itu, mereka akan mengembangkan kemampuan menulisnya.

Ketika kemampuan menulis semakin bagus, maka mereka akan senang sekali saat diberi kesempatan membuat satu esai argumentasi. Kecepatan membuat contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris, selain tergantung pada kemampuan bahasa Inggris juga bergantung pada keluasan pengetahuan sang pembelajar sendiri. ‘Love can cure everyting.’

Contoh Argumentasi Ide Utama Esai Bahasa Inggris – Tujuan Penulisan

Sebelum memberikan contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris, guru yang mengampu bahasa Inggris, hendaknya memberikan pengertian tentang jenis-jenis tulisan. Jenis tulisan ini berpengaruh pada tujuan penulisan. Misalnya, esai argumentasi bertujuan untuk membujuk para pembaca agar setuju dengan pendapat penulisnya.

Esai narasi bertujuan menceritakan kembali atau bercerita tentang sesuatu, esai deskripsi bertujuan menggambarkan apa yang dilihat, didengar, dirasakan oleh penulisnya. Sedangkan esai ekspositori bertujuan memberikan gambaran bagaimana sesuatu bisa terjadi dengan urutan yang pas dan tepat.

Selanjutnya adalah memberikan pola pembuatan kalimat sebagai pendukung dalam contoh argumentasi esai dalam bahasa Inggris. Kalimat pendukung ini harus sesuai dengan ide utama yang sudah dibuat. Mengapa harus ada ide utama? Dari ide utama dapat diketahui jenis tulisan karena ide utama seperti jiwa dari esai tersebut.

‘The beautiful Yogyakarta has a new trend for visitors to visit a place like Taman Pelangi.’ Ini bukan contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris. Contoh tersebut adalah contoh deskriptif ide utama esai dalam bahasa Inggris.

Contoh argumentasi ide utama esai itu haruslah sedikit lebih jelas dan sekilas, pembaca sudah dapat melihat dari mana asal seseorang. Contoh argumentasi tersebut, di antaranya adalah ‘Laki-laki lebih banyak mempunyai rumah dibandingkan dengan wanita’ (Men has more houses than Ladies do).

Kalimat selanjutnya adalah memberikan latar belakang ide utama sebelum ditutup dengan menuliskan ide utama tersebut. Hal ini untuk kalimat topik pada contoh argumentasi ide utama esai. Contoh dan fakta pemilikan rumah oleh laki-laki juga akan menambah kuat argumentasi kalimat ide utama tersebut. Contoh-contoh dan fakta ini akan membuat kualitas esai semakin baik dan sulit dipatahkan kebenarannya.

Ide pendukung harus sesuai dengan ide utama esai. Untuk itulah perlu dibuat outline sebagai batasan dan sebagai patokan penulisan. Kalau ingin mencari referensi, akan sangat baik. Referensi akan membuat sebuah esai tidak hanya menjadi pandangan pribadi sang penulis, tapi juga merupakan kumpulan ilmu yang berasal dari berbagai daerah dan komunitas.

Memasuki dunia referensi memang cukup menjanjikan. Ilmu pengetahuan baru akan membuat pembelajar bahasa Inggris menjadi seorang pembelajar yang berani, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Memberikan Contoh Argumentasi Esai – Menuai Nilai Bagus

Memberikan satu ilmu yang bermanfaat, baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja, membutuhkan keinginan dan komitmen yang tinggi dari siapa pun yang akan ingin melakukannya. Begitu pun dengan memberikan contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris.

Memang tidak mudah bagi guru baru untuk mengajarkan pembuatan contoh argumentasi ide utama sebauh esai. Seiring dengan bergulirnya waktu, memberikan contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris bukanlah sebuah masalah yang harus dihindari.

Ide utama sebuah esai yang bagus adalah satu ide yang bisa didukung oleh fakta dan contoh-contoh nyata. Jadi, kalimat yang mengandung ide utama esai tersebut tidak hanya berupa satu kalimat tanpa arti atau hanya pendapat yang bernilai kosong. Ide utama adalah ruh dalam sebuah esai.

Tanpa adanya ide utama, satu esai tidak bisa dikatakan sebagai esai yang baik. Oleh karena itulah, setiap akan mengajarkan cara menulis esai dalam bahasa Inggris, jangan lupa untuk mengajarkan dan memberi contoh argumentasi ide utama.

Setelah murid mampu membuat ide utama, ajarkanlah mereka untuk membuat paragraf penutup yang merupakan kesimpulan dari esai tersebut. Paragraf kesimpulan ini bisa dimulai dengan kata keterangan, seperti, Therefore, So, However, dan lain-lain. Bisa juga diawali dengan frase, seperti, In Brief, In summary, In conclusion, All in all, dan lain-lain.

Setelah belajar membuat paragraf kesimpulan, lalu ajarkan bagaimana membuat outline. Kalau pembuatan outline telah bisa, maka mulailah berlatih membuat sebuah esai utuh. Bila perlu tingkatkan latihan ke pembuatan satu buah makalah dalam bahasa Inggris. Tahapan tersebut memang harus dilalui agar mutu tulisan bisa bagus. Jadi, bermula dari contoh argumentasi ide utama esai dalam bahasa Inggris, lalu mulai menulis sesuatu yang lebih rumit.

You May Also Like