Contoh Karangan Argumentasi

Tulisan sering digunakan untuk menyampaikan pendapat seseorang seperti terlihat dalam sebuah contoh karangan argumentasi. Apa yang dimaksud dengan karangan argumentasi? Bagaimana pula cara membuatnya?

Berikut ini adalah sebuah potongan contoh karangan argumentasi dari tulisan Rhenald Kasali yang berjudul “Penakut Tak Akan Melakukan Perubahan” dan dimuat dalam salah satu Koran nasional pada2 April 2012.

Dalam tontonan televisi tentang pro-kontra kenaikan harga BBM kemarin, rakyat cuma menyaksikan tayangan “menang-menangan”. Semuanya ingin menang dan merasa telah menang, kecuali rakyat kecil. Rakyat kelas menengah tersenyum bisa tetap menikmati BBM murah. Oposisi tersenyum bisa mengalahkan pemerintah. Pemerintah tenang karena demo berhasil ditangani dengan aman. Mahasiswa bilang, “kami telah berhasil menjebol pagar gedung DPR dan membuat presiden ketakutan.” Partai-partai juga tersenyum bisa mengkhianati koalisinya. Sementara rakyat kecil urung mendapatkan bantuan langsung, padahal harga-harga sudah terlanjur naik.

Sungguh, ini bukanlah tontonan politik yang baik dan mendidik. Kalau Anda pernah belajar ekonomi Anda mungkin tahu bahwa strategi kemenangan yang telah terbukti hebat dan akurat bukanlah strategi Win-loose yang diwarnai dengan akal-akalan politik dan penghianatan. Strategi kemenangan yang terhebat adalah strategi Win – Win. Kata Maxwell, kalau Anda menang dan lawan Anda juga ikut menang, maka bangsa ini akan sejahtera kekal abadi. Tetapi bila Anda menang dan lawan Anda kalah, maka Anda hanya menang satu kali saja.

Dan apa kata Suu dalam film The Lady yang saya tonton malam itu? “Jika Anda merasa tak tertolong, tolonglah orang lain.” Ini berarti Anda dan saya punya tugas yang lebih besar dari pada mempersoalkan mereka yang menguasai “kuda-kuda ekonomi” kita dalam bingkai politik menang-menangan. Yaitu, mengulurkan tangan pada mereka yang hidupnya diabaikan politisi. “Anda boleh tak suka berbicara dengan politik, tetapi politik akan berbicara dengan Anda,” Ujar Suu menirukan almarhum Jendral Aung San dalam film yang sangat aspiratif itu. Jadi kalau seseorang penakut, dia tidak akan pernah bisa melakukan perubahan.

Setelah melihat contoh karangan argumentasi di atas, mari kita bedah informasi mengenai karangan argumentasi dan cara membuat contoh karangan argumentasi.

Memahami Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat atau simpulan dengan data atau fakta sebagai bukti dan alasan. Di dalam sebuah contoh karangan argumentasi, penulis berusaha meyakinkan pembaca dengan menyuguhkan opini-opini yang didukung oleh data atau fakta sebagai pendukung opini tersebut. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat yang ditulis oleh penulis adalah benar dan terbukti.

Tujuannya tidak hanya meyakinkan pembaca, diharapkan pembaca mau mengubah pandangan dan keyakinannya sesuai dengan pandangan dan keyakinan penulis. Maka, keberadaan fakta dan data yang akurat mutlak harus ada dalam sebuah contoh karangan argumentasi yang baik. Makin akurat fakta dan alasan yang diuraikan dalam sebuah karangan argumentasi, semakin besar kesempatan penulis untuk memengaruhi pembaca.

Dari definisi dan uraian mengenai karangan argumentasi, didapat ciri-ciri yang dapat kita jadikan panduan untuk membuat contoh karangan argumentasi. Ciri-ciri dari karangan argumentasi adalah sebagai berikut.

  • Karangan argumentasi menjelaskan pendapat agar pembaca merasa yakin terhadap tulisan tersebut.
  • Karangan argumentasi memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik dan data lainnya.
  • Ide digali dari sejumlah eksplorasi melalui kegiatan pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
  • Penutup berupa simpulan yang diambil penulis dari hasil mengkaji data dan fakta yang dicantumkan.
  • Data dan fakta yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Penjelasan yang disampaikan bersifat logis sesuai dengan data dan fakta yang dimiliki.

Trik Membuat Contoh Karangan Argumentasi

Setelah memahami karangan argumentasi dan ciri-cirinya, kita dapat membuat contoh karangan argumentasi. Ada satu ciri khusus dari sebuah karangan argumentasi, yaitu berkaitan dengan tujuannya untuk menyatakan pendapat serta menerima atau menolak sebuah ide.

Pernyataan pendapat ini nantinya akan dipaparkan dengan fakta yang akurat baik secara induktif maupun deduktif. Pemaparan secara induktif adalah pemaparan dari hal-hal yang khusus dan akhirnya dapat diambil simpulan yang bersifat umum. Sementara, pemaparan deduktif diambil dari sebuah pernyataan yang bersifat umum dan digunakan untuk mengamati hal-hal khusus sehingga dapat ditarik sebuah simpulan.

Setelah memahami poin penting dari karangan argumentasi, kita dapat membuat contoh karangan argumentasi. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat contoh karangan argumentasi.

  • Menentukan tema serta topik karangan argumentasi
  • Menetapkan tujuan dibuatnya karangan argumentasi, yaitu berkaitan dengan menerima sebuah idea tau menolak sebuah ide
  • Mengumpulkan data dan fakta dari berbagai sumber. Pengumpulan data ini dapat dilakukan melalui koran, majalah, internet atau melalui observasi langsung
  • Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik dan tema yang dipilih
  • Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan argumentasi secara logis dan sistematis
  • Membuat simpulan

Setelah memahami langkah-langkah dalam membuat karangan argumentasi, selanjutnya dapat dibuat contoh karangan argumentasi. Dalam membuat contoh karangan argumentasi yang baik, harus diperhatikan stuktur karangannya. Struktur karangan argumentasi terdiri atas tiga hal, yaitu sebagai berikut.

1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah dan permasalahan yang akan dibahas. Jika kita amati, dalam contoh karangan argumentasi di atas, pendahuluannya terdapat dalam paragraf berikut.

Dalam tontonan televisi tentang pro-kontra kenaikan harga BBM kemarin, rakyat cuma menyaksikan tayangan “menang-menangan”. Semuanya ingin menang dan merasa telah menang, kecuali rakyat kecil. Rakyat kelas menengah tersenyum bisa tetap menikmati BBM murah. Oposisi tersenyum bisa mengalahkan pemerintah. Pemerintah  tenang karena demo berhasil ditangani dengan aman. Mahasiswa bilang, “kami telah berhasil menjebol pagar gedung DPR dan membuat presiden ketakutan.” Partai-partai juga tersenyum bisa mengkhianati koalisinya. Sementara rakyat kecil urung mendapatkan bantuan langsung, padahal harga-harga sudah terlanjur naik.

Dalam paragraf awal ini, terdapat sebuah latar belakang masalah, yaitu tentang kericuhan yang berhubungan dengan kenaikan BBM.

2. Isi Karangan

Isi karangan adalah uraian yang berhubungan dengan data dan fakta akurat yang berusaha memecahkan permasalahan yang telah disebutkan pada pendahuluan. Isi dari karangan ini dapat kita lihat dari paragraf berikut.

Sungguh, ini bukanlah tontonan politik yang baik dan mendidik. Kalau Anda pernah  belajar ekonomi Anda mungkin tahu bahwa strategi kemenangan yang telah terbukti hebat dan akurat bukanlah strategi Win-loose yang diwarnai dengan akal-akalan politik dan penghianatan. Strategi kemenangan yang terhebat adalah strategi Win – Win. Kata Maxwell, kalau Anda menang dan lawan Anda juga ikut menang, maka bangsa ini akan sejahtera kekal abadi. Tetapi bila Anda menang dan lawan Anda kalah, maka Anda hanya menang satu kali saja.

Isi dari karangan di atas adalah solusi yang didukung oleh fakta dan data yang berasal dari pendapat seorang ahli untuk mengatasi permasalahan kericuhan akibat kenaikan BBM.

3. Penutup

Penutup dalam karangan argumentasi berisi simpulan dari permasalahan dan pembahasan dalam paragraf-paragraf sebelumnya. Penutup ini dapat dilihat pada paragraf berikut.

Dan apa kata Suu dalam film The Lady yang saya tonton malam itu? “Jika Anda merasa tak tertolong, tolonglah orang lain.” Ini berarti Anda dan saya punya tugas yang lebih besar dari pada mempersoalkan mereka yang menguasai “kuda-kuda ekonomi” kita dalam bingkai politik menang-menangan. Yaitu, mengulurkan tangan pada mereka yang hidupnya diabaikan politisi. “Anda boleh tak suka berbicara dengan politik, tetapi politik akan berbicara dengan Anda,” Ujar Suu menirukan almarhum Jendral Aung San dalam film yang sangat aspiratif itu. Jadi kalau seseorang penakut, dia tidak akan pernah bisa melakukan perubahan.

Setelah membedah contoh karangan argumentasi di atas, kita dapat langsung membuat sebuah karangan argumentasi. Agar karangan argumentasi yang dibuat semakin bagus, ada beberapa trik yang dapat diperhatikan untuk membuat contoh karangan argumentasi, yaitu sebagai berikut.

  • Berpikirlah positif, kritis, dan logis dalam penulisan karangan argumentasi.
  • Kumpulkan fakta dan data sesuai dengan tujuan dan rangkailah data dan fakta tadi agar dapat membuktikan keyakinan dan pendapat yang kita miliki.
  • Jauhi emosi dan subjektivitas penulis.
  • Gunakan bahasa secara baik, benar, efektif, serta tidak menimbulkan penafsiran ganda.

Demikian informasi mengenai karangan argumentasi beserta bedah dan contoh karangan argumentasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat karangan argumentasi.

You May Also Like