Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah salah satu jenis karangan atau yang sering kita jumpai karya tulis. Sebelum berbicara terlalu jauh tentang contoh teks eksposisi, ada baiknya kita mengenal pengertian dan jenis-jenis karangan. Jadi apa yang dimaksud dengan karangan? Karangan adalah gagasan atau buah pikir seseorang yang disampaikan dalam bahasa tulisan. Terkait dengan jenis karangan, kita mengenal ada lima jenis karangan yang sering digunakan dalam menyusun karya tulis yaitu:

  • Teks Narasi
  • Teks Deskripsi
  • Teks Eksposisi
  • Teks Argumentasi
  • Teks Persuasi

Contoh Teks Eksposisi – Pengertian

Pada pembahasan ini, kita akan lebih fokus membicarakan tentang contoh teks eksposisi. Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks eksposisi? Pengertian eksposisi menurut wikipedia adalah jenis pengembangan paragraf dalam sebuah karya tulis yang bertujuan untuk menjelaskan, memberi pengertian, memaparkan dan memberi informasi tentang sesuatu apa adanya dengan gaya tulisan yang tidak bertele-tele, singkat, jelas, akurat dan padat.

Contoh karangan jenis ini banyak kita temui dalam tulisan di sekitar kita. Contoh yang paling dekat dan mudah tentang teks eksposisi adalah tulisan penjelasan manfaat produk, petunjuk penggunaan pada sebuah produk, profil lembaga atau perusahaan dan lain-lain.

Mari kita perhatikan contoh-contoh tulisan tersebut. Kita akan melihat bahwa gaya tulisannya sangat lugas, informatif dan tidak dibumbui dengan argumen yang bertele-tele. teks eksposisi hanya menyampaikan informasi tentang sesuatu apa adanya.

Contoh Teks Eksposisi – Ciri-Ciri

Tidak sulit menemukan contoh teks eksposisi. Kita bisa melihatnya dari ciri-ciri yang ditemui dalam sebuah tulisan. Dari penjelasan pengertian teks eksposisi di atas, dapat diketahui bahwa teks eksposisi memiliki beberapa ciri khas di antaranya :

  • Berisi gagasan, pendapat dan keyakinan tentang pokok bahasan.
  • Pemaparan atau tulisan bersifat obyektif. Tulisan dimaksudkan semata-mata untuk menambah pengetahuan pembaca tentang topik, tanpa ada maksud untuk mempengaruhi pembaca untuk menyetujui gagasan atau pendapat penulis.
  • Tulisan diperkuat dengan data yang faktual. Jika memungkinkan tulisan bisa dilengkapi dengan data berupa angka, grafik, statistik, bagan atau ilustrasi.
  • Dipertajam dengan analisis
  • Karangan diakhiri dengan penegasan atau kesimpulan, bukan ajakan.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui pengertian dan ciri-ciri teks eksposisi. Untuk lebih memahami teks eksposisi lebih lanjut, ada baiknya kita menemukan sendiri contoh tulisan atau paragraf eksposisi yang ada di media masa atau tulisan-tulisan lain yang banyak ditemui di sekitar kita.

Contoh Teks Eksposisi – Langkah-langkah

Bagaimana langkah-langkah menulis contoh karangan ini?Pada dasarnya, kunci menyusun karangan jenis apa pun tidak akan jauh-jauh dari praktek. Ya, practice make perfect. Menulis, menulis dan menulis. Pada akhirnya kita akan menemukan sendiri tips-tips terbaik dalam menyusun sebuah teks eksposisi atau jenis karangan lain yang cantik dan memikat.

Namun demikian, pada kesempatan ini penulis mencoba memberikan beberapa langkah-langkah menyusun contoh teks eksposisi.

  • Pertama sudah jelas, tentukan TEMA tulisan terlebih dahulu. Pilih satu tema yang paling menarik minat kita untuk menuliskannya. Sudah tahu ‘kan apa itu tema? Tema adalah pokok pikiran ada ide utama yang ingin kita angkat dalam satu tulisan.
  • Setelah menemukan tema, sebenarnya kita sudah bisa menulis. Namun, agar proses menulis kita lebih terarah dan jelas terlebih dahulu tetapkan TUJUAN. Apa tujuan yang ingin dicapai dari membuat tulisan tersebut? Mungkin kita bisa menghasilkan karya tulis tanpa memiliki tujuan. Namun, menulis dengan tujuan jauh lebih baik. Paling tidak, ketika kita menulis kita akan memperoleh minimal dua keuntungan, yaitu: ‘motivasi’ dan ‘fokus’. Ya, tujuan yang jelas membuat kita lebih termotivasi dan focus menyelesaikan apa yang ingin kita tulis.
  • Kumpulkan DATA yang faktual. Ini jelas, bagaimana mungkin kita bisa memberikan, memaparkan dan menyampaikan informasi yang baik dalam contoh teks eksposisi kalau kita tidak punya data. Data yang faktual adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber terpercaya. Jenis data tidak dibatasi. Boleh dalam bentuk angka, keterangan hasil wawancara, grafik, gambar, foto dan lain sebagainya.
  • Agar proses penulisan contoh teks eksposisi lebih mudah dan terarah, ada baiknya kita menyusun KERANGKA KARANGAN. Kerangka karangan berisi kisi-kisi tulisan yang akan kita susun.
  • Selain kerangka karangan, kita juga bisa membuat PETA PIKIRAN (mind mapping) untuk membantu mempermudah proses menulis nantinya. Peta pikiran akan memandu apa-apa saja yang bisa kita tulis nantinya dalam sebuah karangan.
  • Mulailah MENULIS  dengan cara mengembangkan poin-poin yang sudah kita susun dalam kerangka karangan atau peta pikiran. Kembangkan dengan berbagai data dan fakta yang sudah kita kumpulkan.

Contoh Teks Eksposisi – Tips-Tips

Banyak yang bertanya, bagaimana tips mudah menulis contoh teks eksposisi? Seperti sudah diungkapkan di atas, tips menulis karangan jenis apa pun tidak akan jauh berbeda. Kemahiran menulis pada akhirnya akan berbanding lurus dengan jam terbang menulis kita.

Pada kesempatan ini, penulis mencoba menyampaikan beberapa tips menulis yang mungkin bisa diterapkan untuk menulis contoh teks eksposisi:

  • Mulailah dari TEMA yang dikuasai.
  • Tuangkan apa yang terpikir di kepala kita ketika mengingat tema yang ingin kita tulis pada kertas satu lembar. Tuliskan saja secara acak. Cara ini akan mempermudah kita mengetahui sejauh mana pengetahuan kita tentang tema yang sedang ditulis.
  • Lepaskan diri dari belenggu aturan saat menulis. Menulislah dengan perasaan bebas dan bahagia.
  • Baca kembali apa yang sudah selesai ditulis, dan editlah dengan gerakan lambat dan hati-hati. Agar dihasilkan karya tulis yang istimewa dan berkualitas.
  • Untuk mengetahui kualitas tulisan kita, baca kembali tulisan tersebut dengan suara keras. Dengarkan, adakah kalimat yang sumbang, janggal dan sulit dimengerti. Edit kembali berdasarkan pendengaran kita.
  • Minta orang lain membaca dan menilai tulisan kita.

Nah, demikianlah tips sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk menulis contoh karangan jenis ini. Mungkin, tidak semua tips di atas bisa diterapkan pada diri seseorang. Setiap manusia itu unik, dan memiliki cara tersendiri dalam mewujudkan impiannya. Tips di atas efektif jika diterapkan pada diri saya (penulis), namun belum tentu efektif bagi yang lain.

Contoh Teks Eksposisi – Yuk Action!

Kita sudah membahas berbagai tema tentang menulis. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, langkah-langkah hingga tips menulis. Semua tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan action atau tindakan. Oleh karena itu, mari berhenti membaca teori-teori tentang contoh teks eksposisi!

Selanjutnya adalah praktik, segera cari kertas kosong dan pena atau buka halaman MS Word di komputer. Kemudian mulailah menuliskan satu kata yang menggambarkan tema calon tulisan contoh karangan jenis ini. Pandang sejenak tema tersebut, kemudian bawa dalam pikiran kita dan menyelamlah dalam tema tersebut beberapa saat, misalnya lima menit. Kita akan menemukan banyak sekali kata-kata tidak beraturan yang ingin menjelaskan tentang tema tersebut.

Jangan bingung dengan ketidakteraturan tersebut. Segera pindahkan kata-kata tidak beraturan tersebut di kertas kosong atau halaman MS Word kita. Tuliskan semua kata yang muncul di pikiran kita selama penyelaman tadi. Setelah semua kata-kata berhasil dipindahkan, berhentilah sejenak untuk menarik nafas. Kemudian lanjutkan dengan mencari benang merah antar kata-kata tersebut. Susun benang merah itu menjadi sebuah kerangka karangan untuk menulis contoh karangan deskriptif.

Selesai? Belum, dari kerangka karangan kita akan mengetahui data-data apa saja yang dibutuhkan untuk menyusun teks eksposisi. Temukan data-data tersebut dari sumber-sumber yang terpercaya. Kemudian, kembangkan kerangka karangan dengan menggunakan data-data tersebut. Jelaskan data tersebut dengan kalimat yang lugas, singkat dan padat. Tidak butuh waktu lama, maka kita akan berhasil menyusun sebuah contoh teks eksposisi.

You May Also Like