Fungsi Alat Olahraga Fitnes

Saat ini olahraga sudah menjadi gaya hidup. Bahkan ada yang beranggapan bila olahraga adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tanpa melakukan olah raga yang rutin, mereka merasa ada sesuatu yang kurang dan membuat tidak nyaman.

Olahraga memang perlu dan berguna untuk kesehatan serta kebugaran. Selain itu olahraga juga terbukti mampu menghilangkan rasa stress dan penat.

Olahraga itu banyak jenisnya. Ada yang harus dilakukan secara berkelompok atau grup namun ada pula yang bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau individu.Yang harus dilakukan secara kelompok atau tim misalnya sepak bola, basket, voli dan sebagainya. Kalau yang individu contohnya adalah lari, renang, bersepeda, dan lain-lain.

Kemudian, ada pula jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa menggunakan alat dan ada yang harus menggunakan alat. Yang tidak perlu menggunakan alat misalnya senam, lari, renang jalan cepat dan masih banyak lagi. Lalu yang menggunakan alat ada badminton, tennis, fitnes dan sebagainya.

Alat Olahraga untuk Fitnes

Khusus untuk fitnes, sekarang menjadi salah satu jenis olahraga yang sedang ngetrend. Fitnes merupakan olahraga yang menggunakan alat yang bisa dilakukan secara sendirian atau individu. Adapun alat olahraga untuk fitnes ini banyak jenisnya. Namun yang paling populer diantaranya adalah :

  • TreadmilAlat olahraga ini sangat cocok terutama bagi yang ingin melakukan latihan cardio. Dengan memakai treadmil kita bisa melakukan olahraga berjalan maupun lari yang kecepantannya bisa diatur.
  • Dumbel

    Adalah alat olahraga fitnes yang mempunyai berat antara 2 hingga 22 kg.  Cocok digunakan untuk latihan angkat beban. Fungsinya untuk menjadikan otot supaya lebih kencang dan kuat.

  • Bola fitnes

    Fungsi utamanya adalah untuk melakukan peregangan, latihan kelenturan dan keseimbangan.

  • Step BenchBentuk dari alat olahraga fitnes ini sangat sederhana. Gunanya adalah untuk melatih otot kaki. Jadi kurang lebih sama dengan treadmil.

Alat-alat olahraga fitnes tersebut bisa dibeli di toko-toko yang menjual peralatan olahraga. Namun bila tidak tertarik untuk membelinya karena mungkin terlalu mahal, Anda bisa pergi ke pusat-pusat kebugaran tubuh atau gym.

Di sana Anda bisa dengan bebas menggunakan alat olahraga fitnes tersebut dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Apalagi jika Anda menjadi anggota tetap atau member. Pasti harga yang harus dibayarkan akan lebih murah lagi.

Lalu bagaimana jika Anda tidak tertarik untuk pergi ke gym atau tidak mempunyai waktu? Hal tersebut juga bukan masalah yang besar. Meski tidak punya alat olahraga di rumah, Anda harus tetap bisa berolahraga.

Caranya dengan menggunakan peralatan yang ada di dalam rumah. Misalnya, kursi atau tangga bisa digunakan untuk berjalan naik turun. Bila dilakukan secara rutin, hal ini bisa menyehatkan sekaligus menguatkan jantung.

Contoh yang lain adalah menggunakan botol air minum yang diisi dengan air sampai penuh. Botol ini bisa dimanfaatkan untuk latihan beban yang bisa mengencangkan otot lengan.

Jadi di rumah sendiri Anda juga bisa melakukan olahraga fitnes tanpa perlu keluar biaya sama sekali. Jangan beranggapan bila rumah bukan tempat yang cocok untuk berolahraga. Karena bila kreatif, banyak alat olahraga yang bisa ditemukan di sini.

Next Post

No more post

You May Also Like