Ingin Umur Kopling Mobil Anda Panjang? Jangan Lakukan Hal-hal Ini!

Mobil memang menjadi salah satu kendaraan yang harus dirawat setiap bagiannya tanpa terkecuali agar bisa panjang umur ketika digunakan oleh Anda. Salah satu bagian mobil yang harus dilakukan perawatan dengan intens adalah koplingnya. Memang tidak terlalu penting, namun nyatanya jika tidak diperhatikan dengan benar, maka akan membahayakan keselamatan Anda. Terutama, jika Anda hendak berpergian dengan mobil ke tempat yang lumayan jauh dan juga memiliki permukaan tanah yang tidak lurus, melainkan beragam jenisnya, maka Anda haruslah mengecek apakah kopling Anda sudah berada dalam kondisi yang prima atau tidak. Selain itu, jika Anda memakainya, Anda harus menghindari beberapa hal dibawah ini agar kopling dan mobil Anda bisa dipakai dalam waktu yang lama:

  • Jangan Selalu Menginjak Pedal

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia ketika sedang menyetir mobil dengan kopling adalah meletakkan kakinya diatas pedal gas, rem mau pun kopling secara tidak disadari. Terutama pedal kopling yang berada disebelah kiri dan gas di kaki kanan, maka kebiasaan ini sangat sering dilakukan di Indonesia. Nyatanya, kebiasaan tersebut tidak baik untuk mobil Anda. Hal ini dapat menyebabkan plat matahari Anda menjadi aus dan juga dapat merusak release bearing yang merupakan komponen penting dalam sebuah kopling mobil Anda.

  • Jangan Menginjak Setengah Kopling

Jika Anda sedang terjebak dalam kemacetan yang dimana jalanannya adalah menanjak atau sedang mengantri dalam jalan yang seperti tersebut, janganlah menahannya dengan menginjak kopling setengah saja. Namun, Anda bisa menggunakan cara lain agar mobil tidak merosot, yaitu dengan menggunakan rem tangan. Jika terus melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka kampas dari kopling akan cepat menipis dan umurnya pun akan lebih pendek. Selain itu, permukaan pada pressure plat dan juga roda gila pasti juga akan terkikis. Akan lebih baik jika menggunakan rem saja jika terjebak dalam keadaan seperti tersebut.

  • Jangan Melepas dengan Kasar

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lakukan demi menjaga umur penggunaan kopling mobil Anda adalah jangan pernah melepas pedal kopling secara kasar dan tiba-tiba. Hal ini akan membuat permukaan pada plat kopling rusak. Jika permukaan benda tersebut tidak lagi rata, maka hal ini akan menyebabkan rasa bergetar ketika kopling digunakan. Selain itu, jika kendaraan Anda diisi dengan berat yang tidak normal, maka plat yang berada pada kampas kopling bisa saja terputus.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang secara tidak disadari dapat merusak kopling dan juga mobil yang digunakan. Untuk itu, akan lebih baik jika memperhatikan hal di atas dan tidak melakukannya, karena hal tersebut dapat membuat Anda menjadi rugi dan juga harus mengorek kocek yang cukup besar untuk perbaikannya saja. Rawatlah kopling agar lebih baik, aman dan nyaman ketika digunakan.

You May Also Like