Ini Dia Cara yang bisa Anda Lakukan Supaya Mobil Bisa Terus Kelihatan Mengkilat

Sudah menjadi resiko orang yang mempunyai mobil untuk merawat mobilnya. dilakukan mulai dari eksterior, interior, dan komponen mesin. Hal yang paling kita perhatikan adalah komponen mesinnya. Memang, mobil dengan mesin yang terus terkontrol lajunya lebih baik dan awet. Tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan bagian body mobil. Apabila kondisi mobil kotor dan kusam tentu membuat Anda tidak nyaman berkendara. Bagian yang penting dari sebuah body mobil adalah kondisi catnya. Pada saat pertama membeli, mobil masih dalam keadaan mengkilat. Tetapi, seiring waktu berjalan dan seringnya digunakan di berbagai cuaca membuat cat mobil memudar.

Cat mobil yang memudar bisa dikarenakan hewan yang lewat atau menempel menyisakan tapak kaki atau kotorannya, polusi udara, terlalu sering menggunakan pencuci berbahan detergen, dan aspal. Sebenarnya ada solusi dari setiap permasalahan. Kita ambil contoh aspal yang selalu menempel pada bagian body mobil bawah. Banyak orang yang membiarkan permasalahan tersebut dan akhirnya merusak cat. Bahan penghilang aspal pada mobil tersedia di toko-toko atau toko online yang sudah marak di pasaran.

Untuk mengembalikan mobil menjadi mengkilat, ada beberapa jenis cat yang perlu diketahui. Pertama, Nitro Celulose. Cat ini khusus digunakan untuk mobil tahun 80-an, kekurangan dari cat NC adalah warnanya yang kurang kilap sehingga butuh proses poles berulang-ulang. Kedua, Nitro Celulose Modified. Cat ini digunakan untuk mobil keluaran tahun 90-an, beda dengan sebelumnya cat ini sudah ditambahi bahan memperkuat warma cat. Ketiga, polyurethane. Cat ini yang digunakan untuk mobil baru dengan rilisan diatas tahun 2000. Kelebihannya cat ini paling unggul dan kuat, kekurangannya jika terkena sesuatu bahan silikon akan cepat memudar.

Lalu selain menggunakan cat, apa cara mendapatkan mobil mengkilat lainnya?

  • Hindari Compound.

Didalam compound ada bahan pengikis cat. Memang dapat mengkilatkan, tetapi jika sering di gosok akan menciptakan pengikisan cat mobil.

  • Pakai Wax

Pertama, cuci mobil Anda sampai bersih. Keringkan dengan kanebo berbahan halus. Obat poles dioleskan pada spon lembut dan di gosokkan ke seluruh body mobil dengan teknik memutar. Tunggu hingga kering 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan sisa obat poles dengan microfiber. Proses selanjutnya adalah waxing dengan memoles kembali ke body mobil dan menunggu kering selama 5 menit. Bersihkan kembali dengan lap kering. Lakukan cara ini seminggu sekali.

Itulah cara untuk mengembalikan cat mobil menjadi mengkilat. Selain perawatan wax, untuk menambah kecantikan mobil lebih baik mencucinya setiap hari agar debu dan polusi tidak menumpuk. Namun perlu diingat jika perawatan cat setiap mobil berbeda-beda, kita tidak bisa menyamaratakan perawatan mobil warna putih (warna dasar) dengan hitam, atau warna campuran lainnya.

You May Also Like