Kenali Gejala Oli Mobil Matic yang Harus Segera Diganti

Kendaraan matic baik itu motor maupun mobil tergolong lebih banyak dipilih oleh masyarakat saat ini dibandingkan dengan jenis yang manual, karena lebih mudah dioperasikan, bahkan banyak diantaranya yang tidak bisa mengemudi kendaraan manual dan hanya dapat menggunakan matic. Karena sistem kerjanya yang sangat mudah komponen dari transmisi otomatis ini berasal dari tekanan fluida yaitu oli transmisi. Karena prinsip kerja otomatis inilah maka mobil matic sangat bergantung akan keberadaan oli.

Kualitas oli yang kurang baik atau juga bisa terjadi karena jumlahnya yang sudah mulai habis bisa menjadi penyebab kendaraan matic tidak bisa nyaman dipakai untuk berkendara. Itulah mengapa sangat penting bagi pemilih mobil jenis matic ini untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala, sehingga nantinya kendaraan bisa berjalan nyaman ketika dipakai. Begitu juga proses pergantian oli sebaiknya dilakukan teratur tepat waktu dengan menggantinya menggunakan oli berkualitas.

Hal penting lainnya yang nyatanya juga harus dilakukan adalah mengenali bagaimana ciri mobil matic harus diganti olinya dengan yang baru, karena sudah mulai habis, diantaranya adalah:

  • Perpindahan gigi yang sulit dilakukan, indikasi atau gejala utama yang sangat mungkin terjadi ketika mobil atau kendaraan matic ini bermasalah adalah gigi yang sulit dipindahkan. Umumnya tidak pada semua tingkatan, melainkan hanya pada tingkat-tingkat tertentu saja misalnya adalah pada posisi satu atau posisi tiga meskipun lajunya akan diperlambat maupun dipercepat.
  • Mobil tidak kuat melalui jalanan menanjak, kondisi berbahaya juga sangat mungkin terjadi, ketika bidang kemiringan jalan yang harus dilalui terlalu tinggi tanjakannya, maka nantinya mobil tak akan bisa melalui jalan tersebut, meskipun transmisi digeser maka pedal gas menjadi sangat sulit untuk ditekan. Ini menunjukkan bahwa kualitas oli sudah mulai menurun.
  • Transmisi menjadi terasa berat, hal semacam ini nyatanya juga tidak boleh diremehkan, tarikan mobil menjadi tersendat-sendat dan juga jadi semakin berat mengindikasikan kerusakan pada sistem injector atau kompresi mesin. Hal ini terjadi karena masalah transmisi dari mesin matic tersebut. Bisa jadi ada kotoran yang menggumpal di dalam oli mobil.
  • Suara kendaraan menjadi berdengung, masalah yang lainnya adalah suara dari mobil tidak lagi halus, melainkan mulai berdengung. Biasanya dengungan mirip dengan suara kendaraan dalam kondisi normal, namun semakin lama akan semakin keras bahkan disertai dengan ketukan yang beradu. Hal ini terjadi ketika dorongan dari sistem transmisi yang kurang kuat, hal ini terjadi karena oli encer, sudah kadaluarsa maupun kondisinya kotor, jadi patut untuk segera dilakukan pergantian.

Sangat penting untuk mengenali gejala-gejala tersebut kemudian langsung melakukan pergantian yang baru agar kondisi kendaraan matic Anda tidak bertambah semakin parah.

You May Also Like