Mengemudi di Saat Hujan, Ikuti Panduan Amannya Berikut Ini!

Musim hujan seperti sekarang ini memang jauh lebih nyaman berkendara mengandalkan mobil dibandingkan dengan motor, karena pastinya Anda akan terhindar dari resiko kebasahan akibat air hujan. Hanya saja berkendara di tengah cuaca hujan terkadang juga kurang aman, baik itu menggunakan mobil maupun motor, karena kondisi jalanan yang berair sehingga sering kali pastinya Anda tak bisa melihat jalanan dengan jelas. Belum lagi dengan beberapa resiko lainnya seperti terjebak banjir hingga kendaraan yang terperosok, maka akan sangat panjang urusannya.

Untuk itulah sebaiknya ketika akan berkendara di kala musim hujan juga jangan sembarangan, berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda pakai untuk menunjang keamanan dan juga kenyamanan, diantaranya adalah:

  • Carilah rute yang paling aman dari serbuan banjir, periksa kondisi jalanan lewat informasi-informasi yang didapatkan dari GPS maupun dari radio yang mengabarkan kondisi jalanan, jika ternyata rute yang biasanya dilalui tengah kebanjiran, maka akan jauh lebih aman bagi Anda untuk menunggu rute atau jalur yang lainnya.
  • Tekanan udara pada ban juga harus selalu diperhatikan, hal ini berfungsi untuk mengantisipasi beberapa resiko seperti mobil yang tergelincir atau terperosok, tentunya kurang aman bukan digunakan, sehingga harus selalu cek kondisi tekanan udaranya, pastikan selalu dalam kondisi yang normal, tidak terlalu padat karena jatuhnya kian licin, periksa juga permukaan ban tersebut apakah masih layak dipakai atau mungkin telah tipis, jika kondisinya tipis jangan digunakan, karena kurang aman.
  • Pastikan pandangan Anda juga tetap jelas, hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam mengemudi, untuk itu pembersih kaca juga harus bekerja sebagaimana mestinya, kondisinya harus tetap normal.
  • Cek kondisi lampu kendaraan, pada jalanan yang terkena hujan terkadang pandangan menjadi kabur dan juga gelap, sehingga meskipun di siang hari penting untuk selalu menyalakan lampu ketika mengemudi di tengah guyuran hujan, pastikan pula bahwa kondisi dari lampu yang digunakan tersebut juga baik-baik saja sehingga bisa membuat pengemudi jelas melihat kondisi di depannya.
  • Menjaga jarak dengan kendaraan yang lainnya, jangan terlalu mepet, karena jarak yang terlalu dekat sangat rentan menyebabkan tabrakan, apalagi di tengah kondisi cuaca yang tidak begitu jelas melihat.
  • Hati-hati dengan keberadaan genangan air yang ada di selokan, biasanya ada beberapa genangan yang memang terjadi akibat saluran air tak bekerja dengan baik, namun juga ada kondisi dimana kondisi jalanan yang tidak baik, seperti diantaranya adalah berada dalam kondisi berlubang, sehingga menyebabkan genangan tersebut, ini sangat rawan menyebabkan kecelakaan. Untuk itu harus berhati-hati.

Itulah beberapa panduan agar tetap aman mengemudi di tengah musim hujan.

Next Post

No more post

You May Also Like