Pakaian Menyusui, Nyaman, Modis dan Bebas Malu

Tugas seorang ibu setelah melahirkan adalah menyusui. Proses yang  luar biasa menambah kadar ikatan cinta kasih antara ibu dan anak akan maksimal bila dilakukan secara nyaman. Para ibu membutuhkan pakaian menyusui untuk menambah kenyamanan selama proses menyusui sang buah hati.

Tidak selamanya proses menyusui bisa dilakukan di ruang tertutup. Pada saat jam lapar, anak akan minta untuk disusui di mana saja tidak perduli apakah berada di ruang tertutup atau terbuka.

Meski ada ibu-ibu menyusui yang sudah terbiasa untuk memperlihatkan sebagian dari payudaranya di tempat umum ketika menyusui. Namun sebagian besar yang lain merasa sangat tidak nyaman untuk melakukannya.

Payudara menjadi aurat yang tetap harus ditutup bahkan pada saat menyusui. Salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan proses menyusui di tempat umum adalah dengan memilih pakaian menyusui yang sesuai.

Pakaian menyusui, khususnya untuk dipakai di tempat umum harus memenuhi kriteria nyaman, modis dan bebas malu.

Nyaman

Dipenuhi dari unsur jenis bahan pakaian, kesesuaian ukuran dan kemudahan saat proses menyusui.

  • Pada saat masa menyusui, suhu tubuh ibu cenderung lebih tinggi sehingga diperlukan pakaian yang berbahan mudah menyerap keringat.
  • Perubahan ukuran payudara ibu akan menyebabkan perlunya penyesuaian ukuran pakaian pada bagian dada. Ukuran antropometri pada bagian dada harus disesuaikan.
  • Pada saat harus mengeluarkan payudara untuk menyusui seharusnya pakaian tidak menjadi penghambat. Hal ini ditentukan oleh jenis ukaan pakaian menyusui.

Modis

Pakaian menyusui tetap bisa mengikuti trend pakaian yang ada. Untuk itu diperlukan beberapa modifikasi untuk mempermudah proses menyusui. Di pasaran banyak ditawarkan pakaian menyusui yang tidak terlihat seperti pakaian menyusui karena desain yang menarik. Bukaan untuk menyusui dapat disamarkan dengan model yang tepat.

Bebas Malu

Pakaian menyusui sebaiknya tidak membuat payudara ibu terlihat sangat vulgar. Sangat tidak etis ketika menyusui di depan umum, sang ibu harus menarik pakaiannya sehingga justru memperlihatkan bagian tubuh yang lain seperti perut dan dada. Menggunakan pakaian menyusui dengan bukaan pada area payudara menjadi solusi masalah ini.

Agar pakaian menyusui mendukung sepenuhnya proses menyusui ada beberapa kelengkapan pakaian hal yang harus dipertimbangkan sebagai berikut :

Bra Menyusui

Pilihlah bra khusus menyusui. Selain mempercepat waktu pemberian ASI, bra menyusui juga  menghindari tereksposnya seluruh bagian dari payudara.

Bukaan Menyusui

Perhatikan bukaan untuk menyusui pada pakaian. Ibu menyusui dapat memilih jenis bukaan yang sesuai. Ada tiga jenis bukaan menyusui yaitu :

  • Bukaan dengan kancing pada bagian dada. Bukaan jenis ini seperti yang terdapat pada pakaian umum dan terlihat jelas
  • Bukaan dengan risleiting. Tipe bukaan ini tidak terlihat karena disembunyikan di bawah lipatan baju.
  • Bukaan dengan tipe kamuflase. Bukaan jenis ini terdiri dari dua lapis bahan pakaian. Lapisan dalam lebih pendek dari lapisan luar. Pada saat akan menyusui bagian lapisan luar ditarik ke samping atau ke bawah, demikian pula dengan lapisan dalam. Lapisan dalam yang berukuran pendek memudahkan terbukanya payudara sang ibu.

Apron Menyusui

Bila ibu masih tidak yakin dengan pakaian yang khusus menggunakan bukaan menyusui, dapat ditambahkan apron atau celemek untuk menutupi dada.

Apron ini dilengkapi dengan tali yang dilingkarkan pada bagian leher yang dapat diatur panjang pendeknya. Yang harus diperhatikan adalah apakah bayi nyaman disusui dengan menggunakan apron, karena bayi akan tertutup atau tersembunyi di dalamnya.

Nah para Ibu pemberi ASI, selamat menjalankan kewajiban yang bernilai ibadah tinggi dengan tetap nyaman, modis dan bebas malu saat menyusui.

Previous Post

No more post

You May Also Like