Pengertian dan Contoh Abstrak pada Karya Ilmiah dan Skripsi

Karya Ilmiah dan skripsi adalah makanannya para mahasiswa, tiada hari tanpa membuat makalah atau bahkan sedang mengejar target mengikut lomba karya ilmiah atau saat Anda sedang menyelesaikan skripsi. Lampiran abstrak pada karya ilmiah dan skripsi Anda sangatlah penting. Untuk itu, Anda bisa mengawalinya dengan membaca atau mencari tahu bagaimana contoh abstrak pada karya ilmiah dan skripsi.

Contoh Abstrak – Pengertian Abstrak pada Karya Ilmiah dan Skripsi

Pengertian abstrak sangat banyak, dalam bidang seni juga menggunakan istilah abstrak. Untuk itu, sebelum membahas contoh abstrak, ada baiknya Anda lebih mengenal dengan abstrak pada karya ilmiah dan skripsi.

Menurut American National Standards Institute (1979), definisi abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.

Contoh Abstrak– Tujuan Membuat Abstrak 

Ada dua konsep utama dalam membuat abstrak, yaitu conciseness yang artinya ringkas dan padat. Konsep utama yang kedua adalah significance yang artinya bahwa laporan atau karya yang Anda buat itu penting sekali. Lebih lanjut, berikut dipaparkan tujuan dari membuat abstrak. Lima tujuan membuat abstrak, antara lain sebagai berikut.

Current Awareness 

Current Awareness jika diartikan adalah secara kata kesadaran saat ini,namun arti yang dimaksud adalah abstrak Anda dibuat bertujuan untuk memudahkan pembaca mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen.

Menghemat Waktu Pembaca

Apabila tujuan membuat abstrak yang pertama adalah memudahkan pembaca maka dengan adanya abstrak dapat menghemat waktu pembaca.

Melanjutkan Membaca atau Tidak?

Dengan adanya abstrak, pembaca akan dengan cepat membuat keputusan apakah akan menlanjutkan membaca karya ilmiah atau skrips Anda atau tidak.

Menghindari terjadi duplikasi tulisan

Abstrak bertujuan terjadinya plagiasi atau duplikasi tulisan.

Keyword

Keyword digunakan untuk memudahkan dalam penyimpanan secara elektronis. Selain itu, dalam abstrak ada kata kunci yang sebaiknya Anda buat, dengan begitu akan memudahkan dalam penyimpanan secara elektronis karena karya Anda akan disimpan di perpustakaan dan dibaca banyak akademisi yang membutuhkan pemikiran dan gagasan Anda.

Contoh Abstrak – Hal-Hal yang Terkandung dalam Abstrak

Apakah Anda masih bingung dengan apa yang harus ditulis dalam abstrak Anda, mungkin Anda akan lebih mengerti bila sudah pada pembahasan contoh abstrak. Ada enam hal yang terkandung dalam abstrak, antara lain sebagai berikut.

Tujuan (Purpose)

Abstrak yang Anda buat berisi alasan menulis karya ilmiah Anda atau laporan penelitian (skripsi). Selain itu, di dalamnya juga dapat berisi ide utama dari karya yang Anda tulis.

Cakupan (Scope)

Kemudian setelah memaparkan tujuan dari karya ilmiah atau skripsi Anda dalam abstrak, berikutnya Anda menjelaskan fokus masalah Anda apa dalam karya ilmiah atau skripsi Anda dan dimana yang menjadi konsentrasi Anda dalam membahas masalah untuk karya ilmiah dan skripsi Anda. Ringkasnya abstrak berisi semua yang Anda bahas dalam karya Ilmiah atau skripsi Anda tapi dalam versi yang super singkat.

Metode (Method)

Abstrak yang dibuat juga harus berisi pemaparan metode penelitian yang Anda gunakan, jelaskan secara ringkas temuan apa yang Anda peroleh, lalu yakinkan pembaca Anda dengan memaparkan validitas dari ide utama Anda.

Hasil (result)

Dalam abstrak juga dipaparkan konsekuensi dari permasalahan yang Anda bahas atau teliti.

Rekomendasi (Recommendations)

Berdasarkan pemaparan konsekuensi masalah yang Anda bahas, kemudia Anda memaparkan solusi yang Anda punya dan Anda merekomendasikan pula perubahan atau aksi tertentu dari masalah yang Anda teliti.

Kesimpulan (Conclusions)

Bagian paling akhir dari sebuah abstrak adalah pemaparan simpulan dari penelitian yang Anda bahas.

Contoh Abstrak–Jenis-jenis Abstrak

Pada umumnya hal yang dibahas dalam abstrak adalah seperti yang uraikan pada pembahasan sebelumnya. Namun, sebelum mengerjakan sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis abstrak yang ada. Jenis-jenis abstrak, antara lain sebagai berikut.

Abstrak Deskriptif

Ciri-ciri abstrak deskriptif, antara lain sebagai berikut.

  • Hanya menyajikan uraian sangat singkat tentang isi tulisan.
  • Tidak menguraikan apa yang dibahas dalam tiap bab dalam tulisan tersebut.
  • Abstrak disusun dalam kalimat tunggal. Abstrak deskriptif tidak memerlukan perincian yang bersifat detil atau pun contoh-contoh yang bersifat ilustratif.

Abstrak Informatif

Abstrak informatif berisi:

Ringkasan (Precise)

Ciri-ciri ringkasan, antara lain sebagai berikut.

  • Ringkasan adalah penyajian singkat tentang isi tulisan.
  • Pada abstrak informatif, penulis menguraikan urutan dari isi atau bab-bab yang terdapat dalam tulisan secara singkat, termasuk uraian singkat dari masalah dan solusi yang dibahas dalam tulisan.

Ikhtisar (Summary)

Ciri-ciri ikhtisar, antara lain sebagai berikut.

  • Abstrak ini sering digunakan para penulis dalam membuat kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam menyimpulkan suatu uraian.
  • Ikhtisar juga merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan.
  • Dalam uraiannya, Ikhtisar tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada seperti halnya pada ringkasan sehingga masalah dan solusi dijelaskan secara ringkas dan bebas tanpa memberikan penjelasan mengenai isi dari seluruh tulisan secara singkat.
  • Ilustrasi pun kadang diperlukan dalam sebuah ikhtisar.

Contoh Abstrak–Ketentuan Penulisan Abstrak

Ada beberapa ketentuan umum dalam penulisan abstrak pada skripsi, antara lain sebagai berikut.

  • Jumlah kata dalam abstrak maksimum 200 kata dengan spasi tunggal (single space).
  • Bila skripsi Anda dalam bahasa Inggris maka abstrak ditulis ke dalam bahasa Inggris pula, bila skripsi Anda bahasa Indonesia maka abstrak ditulis ke dalam bahasa Indonesia.
  • Istilah asing pada abstrak berbahasa Indonesia ditulis dalam cetak miring (italic), sedangkan dalam bahasa Inggris semua teks ditulis tegak.
  • Nama mahasiswa (tanpa NIM) ditulis pada bagian atas abstrak, diikuti dengan jenis dan judul skripsi. Di beberapa perguruan tinggi, mencantumkan NIM setelah nama mahasiswa.
  • Pada bagian bawah abstrak ditulis kata kunci/keyword yang merupakan topik yang dibahas pada skripsi. Kata kunci berupa kata minimal 3 kata. Pencantuman kata kunci di beberapa perguruan tinggi mengenai ketentuan abstrak pada skripsi, ada yang diletakkan di bagian atas setelah keterangan judul skripsi.

Contoh Abstrak pada Skripsi

Ada beberapa contoh abstrak pada skripsi, antara lain sebagai berikut.

Abstrak

NAMA.

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI STRATEGI KONTEKSTUAL PADA SD NEGERI 023046 MEDAN PETISAH (2011)

SKRIPSI

MEDAN: FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUMATRA UTARA, MEDAN 2011.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Peningkatan motivasi belajar dalam Pembelajaran PAI melalui strategi kontekstual pada SD Negeri 023046 Medan Petisah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 023046 Medan yang siswanya 35 orang.

Temuan penelitian ini, antara lain sebagai berikut.

(1) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VI melalui strategi kontekstual tergolong tinggi.

(2) ada peningkatan motivasi belajar PAI setelah menggunakan strategi kontekstual.

(3) respon murid dengan strategi pembelajaran konsteksual dalam pembelajaran PAI adalah positif.

Untuk itu, strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar murid kelas VI SD Negeri 023046 Medan Petisah.

Bagi Anda mahasiswa yang mengambil fakultas dan jurusan lain, pada umumnya konsep abstrak pada skripsi adalah sama, hanya saja Anda tetap harus merujuk pada buku panduan penulisan skripsi versi perguruan tinggi Anda.

Contoh Abstrak pada Karya Ilmiah

AIDS DALAM PROFESI DOKTER GIGI

Dalam karangan ilmiah ini akan diketengahkan hal-hal mengenai ciri-ciri virus AIDS, cara penularan, cara pencegahan, prevalensi, dan distribusi virus dalam profesi dokter gigi. Dengan informasi baru ini diharapkan, para dokter gigi akan dapat memahami risiko tertular, menulari ataupun sebagai sumber penyebaran virus tersebut.

Semoga contoh abstrak yang dipaparkan dapat membantu Anda membuat abstrak baik itu untuk keperluan abstrak pada skripsi dan karya Ilmiah.

You May Also Like