Teknik Dasar Cara Bermain Bola Voli

Bagaimana cara bermain bola voli. Bola voli merupakan olahraga yang sudah memasyarakat dan selalu dipertandingkan dalam setiap kejuaraan baik nasional maupun internasional. Ketika menyaksikan pertanian bola voli di lapangan atau televisi, kita akan menyaksikan rangkaian berbagai teknik bola voli yang indah.

Tentu, bagi Anda yang sudah memahami cara bermain bola voli tidak akan mengalami masalah untuk memahami permainannya. Tetapi, tidak jarang pula kita menemui orang yang buta sama sekali cara bermain bola voli dan hanya menjadi penikmat semata.

Jadi, jangan khawatir. Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai beberapa teknik dasar cara bermain bola voli. Teknik dasar cara bermain voli ini hanya berupa gambaran secara garis besar saja. Pengembangannya, tentu harus disertai dengan praktek dan yang penting lagi, BERLATIH!

Pengenalan Bola Voli

Bola voli adalah sebuah aktivitas menyenangkan untuk dilakukan di pantai maupun di taman. Permainan ini dimainkan oleh dua tim masing-masing enam pemain, sampai dengan enam pengganti diperbolehkan dalam tim.

Sebuah net berdiri di bagian tengah lapangan dengan panjang 18 meter dan lebar 9 meter ini. Dua antena yang fleksibel yang menjadi penanda bola yang harus melewati net.

Ini adalah rangkaian cara bermain bola voli sederhana. Coba Anda simak!

Permainan dimulai oleh seorang pemain menservis bola melewati net dari belakang garis dasar. Ketika bola telah melewati net, tim penerima mungkin memainkan bola tiga kali sebeum mereka harus mengumpankannya lagi melewati net.

Setiap pemain hanya diijinkan untuk menyentuh bola sekali. Objek dari permainan ini adalah untuk memaksa bola turun menyentuh lantai lapangan lawan, atau menempatkannya di bawah banyak tekanan sehingga mereka tidak mampu untuk mengembalikan bola.

Di dalam bola voli, jika bola tidak kembali lagi melewati net, berarti nilai bagi tim lawan. Setelah setiap kali tim memenangkan bola kembali dari lawan setiap pemain berputar satu posisi searah jarum jam. Rotasi atau perputana ini merupakan bentuk khusus dari permainan ini dan ini berbarti bahwa semua pemain harus bermain di garis depan atau di garis belakang.

Sebuah tim memenangkan set dengan mencetak 25 poin dengan dua poin memimpin dan memenangkan pertandingan dengan memenangkan tiga set.

Keselamatan dan Cedera

Pelatih memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk mengganti kelompok pemain, untuk memastikan agar pemain mampu bermain bola voli dalam lingkungan yang aman.

Terdapat beberapa potensi bahaya yang bisa mengancam seperti yang tercantum berikut ini.

1. Fasilitas dan Peralatan

  • Lantai. Pastikan lantai bersih dari benda-benda rapuh dan pasir.
  • Dinding. Lepaskan benda-benda dan pintu yang membuka ke area permainan.
  • Peralatan. Periksa apakah tiang tetap menancap di lantai dan apakah tali net telah terpasang dengan benar pada  tiang.

2. Pengendalian dan Pengawasan

Sebagai pelatih Anda harus menyadari faktor-faktor berikut yang langsung berpengaruh pada keselamatan.

  • Pelanggaran net harus ditarik untuk menghindari cedera dan permainan berbahaya.
  • Tingkat keterampilan pemain harus menjadi pertimbangan, sehingga pemain yang kurang pengalaman tidak bertanding melawan pemain pengalaman yang langsung menghantam mereka.
  • Bola lepas seharusnya diletakkan pada satu sisi lapangan dan bola seharusnya tidak diijinkan untuk digelindingkan ke dalam area permainan ketika pemain melompat.
  • Sebelum latihan, pemanasan harus dilakukan untuk membantu mencegah cedera.

3. Cedera

Sebagai pelatih adalah tanggungjawab utama Anda untuk tahu di mana Anda bisa menemukan pertolongan pertama terdekat yang tersedia. Jika Anda mencurigai cedera kepala, punggung atau leher, jangan mencoba untuk memindahkan mereka. Ingat, sebagian besar cedera bola voli adalah karena cedera jaringan lunak.

4. Gerakan dan Keterampilan Bola

Agar tahu cara bermain bola voli dengan baik terdapat dua faktor penting utama, yaitu postur dan gerakan. Tanpa dua keterampilan ini, bola voli tidak akan bisa ditampilkan dengan baik.

Untuk bermain bola voli dengan baik, Anda harus mampu berada pada tempat dan waktu yang tepat, dan harus seimbang.

a. Postur Tubuh

  • Untuk postur yang baik, posisi kaki harus lebih lebar dari selebar bahu dan jari kaki sedikit masuk.
  • Lutut harus didorong ke depan tetapi tidak melewati bagian depan jari-jari kaki.
  • Lengan diletakkan di depan tubuh.
  • Ketika bergerak, pusat berat dan mata harus bergerak sejajar dengan lantai dan dengan demikian kepala tidak harus bergerak naik dan turun.
  • Sebuah latihan menyenangkan yang baik untuk mendorong gerakan akan menjadi bayangan, di mana pemain A akan menirukan gerakan pemain B.

b. Passing Lengan Bawah

Passing lengan bawah atau menggali digunakan untuk memainkan bola yang datang di bawah kepala, sehingga bola tersebut tidak bisa di-volley atau sebuah bola yang datang dengan kecepatan besar. Teknik ini diterapkan dengan memainkan lengan bawah bersama untuk membuat sebuah tahanan, dari bola yang memantul.

Passing lengan bawah lebih sering digunakan untuk menerima servis atau melawan tembakan lawan.

Seperti halnya dengan voli, Anda harus mengadopsi posisi siap. Hal ini penting untuk terlebih dahulu memutuskan apakah akan mendatangi bola dan kemudian memukulnya dan bergerak pada bola.

Kontak bola terjadi di garis tengah tubuh. Tangan diletakkan bersama dan siku diluruskan dan dikunci. Hal ini akan memunginkan pemain untuk membentuk bantalan untuk bola yang menekan. Bola disentuhkan dengan lengan tepat di atas pergelangan tangan.

c. Voli

Voli adalah dua tangan melewati di atas dahi. Kemampuan ini biasanya yang pertama diajarkan kepada pemula karena terdapat kemungkinan untuk mendapatkan permainan menjadi sangat cepat dengan kemampuan ini.

Voli sebagian besar digunakan untuk mengatur serangan dekat ke jaring (untuk mengatur bola) bagi penyerang untuk memukul bola melewati net. Voli juga bisa digunakan untuk menerima bola dengan gerakan lambat dari pihak musuh.

Bagaimana cara voli?

Setiap pemain yang berada di lapangan harus berada dalam posisi siap. Hal ini akan memberikan pemain kemampuan untuk bergerak dan merespon ke manapun bola bergerak. Untuk melakukan voli, pemain harus menghadap arah bola ketika dimainkan.

Pemain harus berada dalam posisi untuk melakukan kontak dengan bola sedikit lebih tinggi dan di depan dahi. Tangan berbentuk bola dengan terpisah kira-kira 10 cm.

Ketika bola mendekati tangan, pemain mulai untuk meninggikan kakinya dan kemudian lengannya. Ketika bola masuk ke dalam lengan pemain, lengan mulai meluas dan mengoper bola ke arah yang diinginkan. Hal ini disertai dengan penyaluran berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang akan mendorong bola ke depan.

d. Servis

Servis adalah sebuah keterampilan yang digunakan untuk memulai permainan. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan sebuah servis yang handal dan kemudian mengembangkannya dan membuatnya lebih kuat untuk mencoba dan memaksa kesalahan dari pihak musuh.

e. Smash

Smash adalah tembakan serangan utama yang digunakan dalam bola voli dan mungkin menjadi salah satu teknik yang sulit dikuasai.

Bagaimana cara smash?

Untuk mempersiapkan smash, pemain harus menurunkan net sehingga pengumpan bisa mengatur bola di depan pemain yang akan melakukan smash.

Ketika melompat, kedua kaki harus sama-sama untuk menghentikan pemain dari melompat maju ke net. Kekuatan lompatan adalah campuran dari ayunan lengan dan penegakkan lutut dan pinggul. Pendekatan ini harus diambil oleh smasher ke tempat di mana lompatan akan dilakukan sebelum melompat.

Lengan pemukul ditarik kembali ke belakang dan pada sisi kepala, lengan kemudian diluruskan pada di siku ketika melompat dengan gerakan tangan dari sisi kepala ke posisi d atas dan sedikit di depan bahu pemukul.

Ketika melakukan kontak dengan bola, sangat penting untuk diingat bahwa tangan harus sedikit menelungkup dan kontak dengan bola adalah dengan telapak tangan sedikit di depan bahu pemukul.

f. Blok/Tahanan

Blok merupakan garis pertama pertahanan terhadap smash. Blok biasanya ditampilkan oleh lebih dari satu barisan pemain dan blok juga digunakan untuk menghentikan bola smash dari menyeberang net dan untuk membelokkan ke lapangan lawan.

Next Post

No more post

You May Also Like