Tips Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris

Saat ini, hampir setiap jenjang pendidikan diwajibkan untuk bisa menulis artikel bahasa Inggris. SD, SMP, SMA, dan tentunya kuliah sudah familiar dengan tugas membuat artikel bahasa Inggris. Bagi mereka yang berada pada jenjang pendidikan tinggi, tentu membuat artikel bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit.

Namun, bagi mereka yang masih berada pada jenjang SD hingga SMP membuat artikel bahasa Inggris dianggap sebagai sebuah beban berat. Berikut ini ada langkah-langkah yang bisa dipergunakan siswa SD dan SMP untuk membuat artikel bahasa Inggris.

Belajar dari Games

Anak SD atau SMP biasanya suka bermain games baik yang online maupun yang tidak. Kebanyakan games menggunakan bahasa Inggris. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Games, selain untuk merelaksasikan pikiran juga bisa dipergunakan untuk sarana belajar membuat artikel bahasa Inggris. Percakapan-percakapan yang ada dalam games tersebut atau peraturan permainan yang semuanya menggunakan bahasa Inggris, bisa dipergunakan untuk belajar tenses dan pola kalimat hingga ungkapan dalam bahasa Inggris.

Coba sesekali waktu, tulis ulang apa saja yang ada dalam games yang biasa dimainkan. Bisa menceritakan salah satu tokoh favorit, musuh, tempat favorit, strategi permainan, atau bahkan hal-hal yang tidak disukai. Semuanya dalam bentuk bahasa Inggris.

Belajar dari Buku Bacaan

Buku bacaan, novel, atau kumpulan cerita berbahasa Inggris bisa juga dipergunakan untuk belajar membuat artikel bahasa Inggris. Di penerbit tertentu, ada buku bacaan bahasa Inggris yang khusus diperuntukkan untuk mereka yang ingin belajar bahasa Inggris. Mulai dari tingkat pemula, menengah, hingga yang mahir. Kita bisa menghubungi penerbit tersebut dan memesannya langsung bila tertarik.

Belajar dari Facebook dan Situs Jejaring Sosial Lainnya

Zaman sekarang, siapa yang tidak tahu Facebook atau Twitter. Anak usia SD dan SMP pun sudah familiar dengan situs jejaring tersebut. Biasanya, dalam situs pertemanan tersebut, kita ditawari untuk menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing. Pilih saja bahasa Inggris agar kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Walau mungkin awalnya tidak bisa dipahami oleh anak usia SD dan SMP, tapi lama-lama akan terbiasa.

Cermati struktur kata yang digunakan, kata sambung, hingga kata kerja yang digunakan. Ada yang menggunakan kata kerja bentuk pertama, kedua, dan ketiga. Amati juga mengapa menggunakan kata kerja yang berbeda-beda. Kita juga bisa bergabung dengan grup yang khusus mempelajari bahasa Inggris.

Belajar dari Film

Di antara cara-cara di atas, mungkin inilah menarik, yaitu belajar membuat artikel bahasa Inggris dari film barat yang kita tonton. Memang, kadang-kadang dari segi kebakuan, percakapan dengan tulisan bahasa inggris tidaklah sama. Namun, kita bisa belajar kosakata serta ungkapan yang kita tonton dari film tersebut. Ingat atau catatlah ungkapan-ungkapan yang menurut kita aneh atau kita belum pernah mendengarnya.

Bahasa Indonesia, Lalu Bahasa Inggris

Ada beberapa orang yang bilang bahwa menulis artikel bahasa Inggris yang paling mudah adalah dari bahasa Indonesia terlebih dahulu untuk kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Tentu saja tidak masalah, apalagi untuk jenjang SD dan SMP. Biasanya, mereka memang akan lebih mudah bila artikel tersebut ditulis apa adanya dalam bahasa Indonesia, baru kemudian diubah ke dalam bahasa Inggris. Namun, ada beberapa yang perlu diperhatikan berkaitan dengan hal tersebut, yaitu:

  • Tidak ada makna yang benar-benar mirip di antara dua bahasa yang berbeda tersebut. Tidak semua kata-kata atau kalimat dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama persis dalam bahasa Inggris. Biasanya, anak usia SD dan SMP masih lugu dan polos dalam mengartikan kalimat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris sehingga ketika mereka membuat artikel bahasa Inggris kesulitan mengartikan dengan makna yang sama dan tepat dan hal itu kerap kali terjadi.
  • Waktu yang dibutuhkan lebih lama. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat artikel bahasa Inggris akan lebih lama bila kita membuat ke dalam versi bahasa Indonesia terlebih dahulu. Waktu yang lama ini tentunya tidak efisien.

Dari penjelasan tersebut, sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa membuat artikel bahasa Inggris seharusnya tidak perlu membuat ke dalam versi bahasa Indonesia terlebih dahulu. Langsung dalam bahasa Inggris pun tidak masalah.

Langkah- Langkah Membuat Artikel Bahasa Inggris

Langkah sederhana dalam membuat artikel bahasa Inggris yang bisa dipraktikkan oleh anak SD dan SMP adalah sebagai berikut:

  • Tentukan dahulu tema dari artikel yang akan dibuat. Tema bisa kita buat sendiri, bisa juga sudah ditentukan oleh guru. Bila tema ditentukan sendiri, alangkah baiknya bila kita mengambil tema yang sudah kita kuasai.
  • Buat rancangan tentang isi artikel. Bila belum memiliki ide, carilah referensi di internet atau majalah.
  • Buat rancangan atau outline tentang apa saja yang akan dibahas, yang terdiri dari pembukaan, inti, dan penutup atau kesimpulan. Dalam membuat artikel bahasa Inggris, ada tiga bagian yang kita perhatikan, yaitu: pembukaan, inti, dan bagian penutup. Ketiganya harus kita tentukan mengenai apa saja yang akan ditulis.
  • Pastikan struktur kalimatnya benar. Yang terakhir ini, perlu mendapatkan perhatian besar. Ada yang berpendapat bahwa dalam membuat artikel bahasa Inggris yang paling penting adalah kosa kata yang digunakan terlihat keren yang salah satu indikasinya adalah menggunakan kosa kata yang tidak biasa. Pun dengan kata sambung, waktu, serta hal-hal yang berkaitan. Semakin terlihat rumit dan “tidak biasa”, maka artikel bahasa Inggris tersebut akan semakin terlihat bagus. Padahal setelah dilakukan pengecekan, ternyata grammar-nya salah semua. Bukan berarti juga kita membuat kalimat yang sederhana. Namun yang jelas, yang pertama kali harus kita perhatikan adalah strukturnya. Kosa kata bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Namun, bila struktur di awal sudah salah, selanjutnya akan kita ulang kembali kesalahan tersebut.

Membuat Kejadian Sehari-Hari Menjadi Artikel

Learning by doing atau practice makes perfect, mungkin kita sering membaca atau mendengar jargon tersebut. Dalam belajar membuat artikel bahasa Inggris pun, kita harus seperti itu. Semakin sering latihan, kita akan semakin terbiasa. Cara termudah adalah dengan mencatat setiap kegiatan yang kita lakukan dalam bahasa Inggris. Tentu setiap hari kita melakukan sesuatu, seperti bersekolah, bermain, dan belajar.

Setiap hari, kita juga berinteraksi dengan banyak teman dan mengalami banyak kejadian, seperti bertengkar, bercanda, dan bekerja sama. Alangkah baiknya bila kejadian demi kejadian yang kita lalui setiap hari tersebut direkam dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris. Bila pada awalnya mungkin terasa kaku, lama-lama kita akan terbiasa melakukannya.

Menggandeng Guru dan Orangtua Sebagai Partner

Orangtua dan guru bisa dipergunakan sebagai partner dalam membuat artikel bahasa Inggris. Setelah artikel dibuat, sebaiknya tanyakanlah kepada orang yang mengerti bahasa Inggris dengan kemampuan di atas kita. Gunanya tentu saja untuk mengoreksi artikel yang baru saja kita buat. Dengan teman juga tidak masalah selama dia mengerti. Yang jelas, artikel yang sudah dibuat harus mendapatkan “sentuhan” dari pihak lain untuk mengecek kebenarannya.

Selamat mencoba membuat artikel bahasa Inggris!

You May Also Like