Tips Cara Membuat Contoh Artikel Yang Baik dan Benar

Tips Cara Membuat Contoh Artikel Yang Baik dan Benar

Membaca, membuat, atau menulis artikel perlu belajar, dimulai dengan melihat contoh artikel dari media online atau dari media yang lain. Melihat contoh artikel berguna untuk memahami pengertian, karakteristik, jenis hingga tips bagaimana menuliskan artikel. Memang tidak mudah bagi yang pertama kali mencobanya.

Setiap orang memang butuh terus belajar agar kemampuan bisa berkembang sejalan dengan waktu. Meski bisa dikatakan ahli dalam membuat artikel, tapi si penulis juga tetap dan terus belajar untuk semakin memantapkan keahliannya. Seorang penulis yang andal tidaklah muncul secara tiba-tiba, melainkan melalui proses yang cukup melelahkan. Jadikan menulis sebagai hobi, maka kebosanan dalam menuangkan ide dalam tatanan kata akan bisa teratasi.

Pengertian Artikel

Mari kita awali dengan memahami apa sebenarnya artikel itu. Pengertian artikel di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara ringkas dijelaskan bahwa artikel merupakan “karya tulis lengkap”, maksudnya melalui si pembaca contoh artikel tertentu dapat dengan mudah memahami tema atau isi artikel dengan utuh karena artikel memberikan gambaran yang lengkap mengenai tema itu. Definisi artikel secara sederhana adalah sebuah tulisan mengenai suatu tema yang menarik, mendidik, dan kadang juga menghibur.

Karakteristik Artikel

Kita telah memahami pengertiannya dari penjelasan di atas, tugas selanjutnya memahami karakteristik yang dimiliki artikel. Jenis dan contoh artikel memang banyak ditemukan dan bisa dicari di berbagai media. Mengamati beberapa contoh artikel yang bisa kita temukan di media online misalnya, karakteristik artikel secara sederhana di antaranya:

  • Memiliki tema tertentu yang dibahas dengan utuh.
  • Bahasa yang digunakan dalam kalimatnya bergantung pada tema yang dibahas, bisa kalimat dengan bahasa yang santai atau lugas. Intinya, bahasanya komunikatif sehingga si pembaca tertarik dan mudah memahami isinya.
  • Isi artikel itu diupayakan senantiasa menarik bagi si pembaca. Seandainya Anda menemukan karakteristik yang lain setelah membaca beberapa artikel dan mempelajarinya, maka Anda bisa menambahkannya sebagai tambahan karakteristik artikel.

Jenis Artikel

Dalam dunia penulisan, ditemui banyak jenis artikel. Macam-macam artikel ini bisa kita lihat melalui contoh artikel yang kita baca. Membaca dan mengamati contoh artikel yang telah kita kumpulkan, maka kita bisa menemukan berbagai jenis artikel. Misalnya, artikel yang menyajikan mengenai kesehatan menunjukkan artikel tersebut termasuk artikel kesehatan, artikel mengenai kondisi pendidikan dan hal-hal yang berkaitan di dalamnya berarti menunjukkan artikel tersebut termasuk artikel pendidikan, dan beberapa artikel yang lain.

Secara umum, bisa kita temukan jenis artikel melalui contoh artikel yang telah dibuat oleh para pakarnya, di antaranya:

  • Contoh Artikel Lingkungan Hidup,
  • Contoh Artikel Opini
  • Contoh Artikel Ilimiah
  • Contoh Artikel Pendikan
  • Contoh Artikel
  • Contoh Artikel Islam,
  • Contoh Artikel Keluarga,
  • Contoh Artikel Resep Masakan,
  • Contoh Artikel Komputer,
  • Contoh Artikel Budaya,
  • Contoh Artikel Wisata, dan sebagainya.

Anda bisa menambah informasi mengenai jenis artikel melalui pengamatan terhadap artikel di berbagai media yang ada sekarang ini.

Tips Menulis Contoh Artikel

Belajar membuat atau menulis sebuah artikel membutuhkan latihan. Latihan ini bisa dicoba dengan membaca contoh artikel lebih dari satu artikel, mengumpulkan yang telah ditemukan dan mengamati karakteristik masing-masing artikel, memulai untuk mencoba membuat atau dengan kata lain mencoba menulis artikel hasil karya sendiri. Memang tidak mudah, tapi hal tersebut bisa terus diasah dan dilatih secara terus-menerus. Meski setiap orang memiliki kebiasaan atau ciri khas dalam menyampaikan ide yang cocok buat tema tulisannya, tapi menuliskan sebuah artikel hasil karya sendiri harus tetap merujuk pada pengertian, karakteristik, dan tips menuliskan artikel.

Berikut beberapa tips menulis artikel yang bisa Anda coba dan cermati ketika ingin membuat contoh artikel hasil karya Anda sendiri, di antaranya:

  • Rajin membaca berbagai tema yang ada di media online maupun tidak, misalnya Anda bisa membaca koran maupun majalah atau bahkan bisa langsung membaca contoh artikel yang ingin Anda baca, bisa artikel kesehatan, artikel keluarga, atau artikel yang lain. Membaca dengan rajin alias sering akan membantu Anda memperbanyak kosakata yang nantinya mempermudah proses latihan Anda.

 

  • Jika Anda telah membaca berbagai macam tema, maka hal yang utama yaitu kata kunci di setiap tema bacaan di media yang Anda baca atau kata kunci pada contoh artikel yang Anda baca. Kata kunci, sering disebut oleh para pakarnya keyword. Pentingnya mengetahui dan mengingat kata kunci tiap tema yang dibaca guna melatih konsentrasi membaca dan menulis Anda. Jika konsentrasi Anda baik, maka untuk memulai penulisan artikel karya sendiri Anda akan jauh lebih mudah. Misalnya kata kunci “emas”, maka Anda harus konsentrasi pada tiap kata emas yang akan Anda tuliskan pada artikel Anda.

 

  • Memperhatikan judul yang akan Anda tulis dengan kata kuncinya. Keterkaitan antara judul dengan kata kunci sangat penting dan signifikan pada sebuah tulisan utamanya di dalam contoh artikel yang akan Anda tulis sendiri tanpa meniru tulisan orang lain atau media lain. Jika judul dengan kata kunci terkait satu sama lain, maka artikel Anda akan nyaman dan enak dibaca oleh si pembaca artikel yang Anda buat.

 

  • Seperti halnya belajar menulis kaya ilmiah ataupun mengarang dalam pelajaran bahasa Indonesia. Latihan membuat atau menuliskan contoh artikel karya sendiri juga harus mengikuti ejaan, tanda baca, dan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam Bahasa Indonesia jika contoh artikel yang Anda buat Bahasa Indonesia, tetapi jika yang Anda buat berbahasa asing misalnya Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris, maka Anda harus mengetahui aturan dalam bahasa tersebut.

 

  • Seandainya contoh artikel yang Anda buat termasuk berparagraf panjang, jangan lupa Anda pisahkan dengan jarak yang tepat agar menarik dan tidak membuat si pembaca kecapekan memahami tulisan artikel Anda.

 

  • Memiliki ciri khas gaya bahasa dan gaya tulisan. Anda dengan orang lain memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda. Hal itulah yang seharusnya Anda miliki dalam membuat contoh artikel karya sendiri agar tidak terkesan mirip atau sama persis dengan hasil karya orang lain. Jika gaya bahasa dan gaya tulisan Anda menarik, nyaman dibaca, dan sangat mudah dimengerti oleh si pembaca, maka bisa dikatakan artikel Anda bagus dan memenuhi harapan si pembaca.

 

  • Berupaya untuk terus memupuk percaya diri dengan hasil tulisan Anda. Seperti halnya aktivitas yang lain, meski kadang nama Anda tidak tercantum dalam hasil karya Anda, tapi ketika ada saran yang membangun untuk perbaikan artikel yang Anda tulis, maka Anda berupaya menerima dan terus belajar untuk memperbaiki dan percaya pada diri Anda bahwa Anda pasti bisa menghasilkan karya yang terbaik dan bisa digunakan sebagai contoh artikel ke depannya.

Secara mudah dan sederhana, langkah-langkah menulis contoh artikel dapat Anda coba lakukan seperti yang telah disampaikan pemaparan sebelumnya. Belajar untuk menulis artikel bisa dimulai dari membuat atau menulis artikel hasil karya sendiri. Jika hasil Anda belum sesuai dengan penilaian orang yang terbiasa atau bahkan ahli dalam hal membuat artikel, maka Anda harus sabar untuk tetap belajar menulis dan memperbaikinya.

 

Setelah mengetahui pengertian, karakteristik, jenis dan tips menulis artikel, maka Anda bisa lakukan dengan perlahan memulainya dengan langkah awal yang sabar dan tidak terburu-buru untuk meraih hasil terbaik sebagai karya tulis sendiri.

Tips menulis artikel yang disajikan di atas, cukup mudah dipahami bukan? Tak ada gading yang tak retak, berarti kita harus terus berupaya untuk mencapai hasil maksimal dengan perbaikan yang bertahap meski hasil karya awal kita terdapat beberapa kekurangan. Semoga bagi Anda yang berniat membuat contoh artikel hasil karya sendiri bisa segera praktik secepatnya.

You May Also Like